Breaking News

Desainer Issey Miyake Meninggal Dunia, Tinggalkan Legacy Parfum dan Busana dengan Desain "Turun Naik"

Desainer fashion Issey Miyake meninggal dunia. Foto: Instagram

WELFARE.id-Desainer legendaris Issey Miyake menghembuskan napas terakhirnya pada 5 Agustus 2022 di usia 84 tahun. Melansir New York Times, Kamis (11/8/2022), ia meninggal setelah berjuang melawan penyakit hepatocellular carcinoma. 

Perwakilan Issey Miyake Group dan Miyake Design Studio juga menyatakan, bahwa sesuai wasiat tidak akan digelar upacara pemakaman. Lahir di Hiroshima, Jepang pada tahun 1938, Miyake baru berusia 7 tahun kala tentara Amerika Serikat (AS) menjatuhkan bom atom di kota tersebut. 

Berhasil selamat dari peristiwa mengerikan tersebut, Miyake sendiri tak pernah ingin membicarakan pengalamannya atau "dikenal sebagai desainer yang selamat dari bom atom". Ia mulai mendirikan label fashion pada 1970 di Paris. 

Bersama Kenzo Takada, ia jadi salah satu desainer Jepang pertama yang mempresentasikan koleksinya di pekan mode Paris. Di era sekarang ini, masyarakat luas mungkin lebih mengenal nama Issey Miyake lewat parfum, kreasi label Pleats Please dan tas Bao Bao. 

Pleats atau lipit memang jadi salah satu kreasi andalan Miyake di runway. Pleats ditangan Miyake tak hanya jadi detail pada kreasi gaun cantik tapi dieksplorasi lebih lanjut dalam berbagai siluet busana.

Melansir Vogue, pada koleksi musim semi 1995 ia menampilkan dress dengan konstruksi yang terinspirasi lampion, di mana bagian bawah bisa naik-turun. Issey Miyake sendiri sebenarnya sudah lama tak merancang kreasi runway atau lini label lain asuhannya. 

Ia lebih memilih memberi kesempatan kepada desainer lain untuk meneruskan visi desain dari tiap label. Sejak 2019, Satoshi Kondo jadi desainer yang diberi kepercayaan untuk menangani label utamanya. (tim redaksi)

#isseymiyakemeninggaldunia
#desainerfashion
#desainerlegendaris
#berdarahjepang
#paris
#kreasipleats
#kreasiparfum
#baobao

Tidak ada komentar