Breaking News

Cegah Narkoba, Polres Sidoarjo dan Mojokerto Gelar Tes Urine kepada Anggotanya

Tes urine di Polres Mojokerto (dok humas polri) 

WELFARE.id-Buntut dari kasus tertangkapnya Kapolsek Sukodono yang pesta narkoba dengan bawahannya, seluruh anggota Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur, menjalani tes urine dadakan. 

Kapolresta Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan, seluruh personel di jajaran Polresta Sidoarjo wajib mengikuti tes urine tersebut. 

"Sebagai wujud komitmen pimpinan kami, Bapak Kapolri dan Bapak Kapolda Jawa Timur untuk menindak tegas penyalahgunaan narkoba, mulai kemarin (Selasa) kami langsung melakukan tes urine, mulai dari Kapolresta Sidoarjo, pejabat utama, para kapolsek jajaran hingga anggota,” ujarnya dikutip Kamis (25/8/2022). 

Ia menjelaskan, tes urine secara menyeluruh di lingkup Polresta Sidoarjo dan jajaran sebagai komitmen untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan institusi Polri. "Termasuk yang melibatkan anggota Polri," tukasnya. 

Kusumo menyampaikan, tes urine akan rutin dilakukan sebagai langkah mencegah penyalahgunaan narkoba yang melibatkan anggota kepolisian. "Sesuai atensi pimpinan, kami tidak main-main terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba," tegasnya. 

Mengenai hasil tes urine, Kombes Kusumo mengatakan apabila dalam pelaksanaan tes urine yang masih terus berjalan ada anggota Polresta Sidoarjo yang kedapatan positif narkoba, pihaknya akan memberikan sanksi tegas.

"Bila ada anggota yang positif narkoba, sesuai dengan arahan pimpinan dapat dikenakan sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH)," tegasnya. 

Komitmen Tanpa Narkoba, juga dilakukan di Polresta Mojokerto. Kapolresta AKBP Wiwit Adisatria melaksanakan tes urine dadakan kepada pejabat utama dan Kapolsek Jajaran di Aula Wira Pratama, Rabu (24/08/22) Pagi. 

Dia mengaku sengaja memanggil seluruh pejabat utama dan Kapolsek dalam rangka menindaklanjuti petunjuk arahan pimpinan Kapolri dan Kapolda Jatim. “Saya mengumpulkan para PJU untuk menindak lanjuti arahan dan petunjuk Bapak Kapolri yaitu tidak ada anggota Polri yang menyalahgunakan narkoba baik menggunakan, membawa maupun menyimpan barang haram tersebut,” Kata Kapolresta Mojokerto. 

Pemeriksaan Urine secara mendadak dipimpin langsung Kapolresta Mojokerto dengan dibantu pengawasan dari Kasi Propam serta kasi dokkes dalam pelaksanaannya sebagai tim pemeriksa. 

“Saya minta tunjukan bahwa kita mempunyai integrasi untuk patut dicontoh bagi anggota kita dan saya berharap dalam pemeriksaan secara memdadak ini tidak ada yang positif dan semua berjalan dengan baik diawasi Propam dan urkes dalam pelaksanaanya” imbuhnya. 

AKBP Wiwit Adisatria Alumni AKPOL 2003 dan SMA Taruna Magelang 2000 ini juga melaksanakan tes urine setelah mengawasi langsung pelaksanaan dalam satu ruang kamar mandi, mulai dari pengambilan urine hingga hasil pemeriksaan urine dari alat Test kit Narkoba dengan 5 parameter merk Orient Gene dengan lima indicator 

Test kit Narkoba dengan 5 parameter merk Orient Gene merupakan test kit Narkoba yang berfungsi untuk mengetahui kandungan Narkoba melalui uji sample urine, adapun 5 parameter yang ada pada alat test kit tersebut berfungsi untuk mendeteksi adanya kandungan Narkoba jenis Amphetamine, Methamphetamine, Cocaine, Morphine, dan THC 

“Alhamdulillah dari semua Pejabat Utama dan Kapolsek yang hadir, semua dinyatakan negatif atau tidak ada menggunakan narkoba,” imbuhnya. 

“Setelah Pejabat Utama dan Kapolsek tentunya nanti seluruh personel baik Polri dan ASN pasti akan kita lakukan tes urine secara mendadak demi terciptanya anggota bebas dari narkoba” Pungkasnya. (tim redaksi

#tesurine
#polisitesurine
#oknumpolisinarkoba
#polressidoarjo
#polresmojokerto

Tidak ada komentar