Breaking News

Cegah Cacar Monyet, Pemkab Tangerang Kirim Surat Edaran ke Fasilitas Kesehatan

Ilustrasi penyakit cacar monyet. Foto: net

WELFARE.id-Penularan penyakit cacar monyet atau monkeyfox yang sudah mewabah di 75 negara. Tapi hingga kini belum ada temuan kasus penyakit menular itu di Tanah Air.

Kewaspadaan itu dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan seluruh dinas kesehatan di seluruh Indonesia. Termasuk di Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang dr Sumihar Sihaloho meminta seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi kemunculan kasus penyebaran cacar monyet.

"Kami sudah menyebar luaskan informasi tentang monkeypox dengan membuat konten edukasi melalui Instagram, website dan spanduk. Untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan kepada masyarakat," ujarnya, Jumat (5/8/2022).

Dengan ditemukannya kasus suspek cacar monyet di Jawa Tengah, menjadi perhatian khusus pihaknya dalam melakukan pencegahan kemunculan penyakit menular itu di Kabupaten Tangerang.

Salah satunya, lanjut dia, yaitu dengan melakukan pemantauan melalui petugas surveilans di masing-masing puskesmas yang tersebar di daerah setempat.

"Kami juga terus memantau dan melaporkan laporan jika ada kasus yang ditemukan sesuai dengan definisi operasional yang ada," katanya juga.

Selain itu, dalam peningkatan kewaspadaan tersebut juga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) terhadap seluruh fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada.

"Surat Edaran untuk kewaspadaan pun telah ditujukan untuk Puskesmas, RS dan Laboratorium," cetusnya juga.

Menurut Sumihar juga, penyakit monkeyfox yang asal mulanya dari jenis hewan pengerat seperti monyet dan tikus ini dapat menular ke semua kelompok umur manusia dengan melalui gangguan pada kekebalan tubuh.

"Sampai saat ini pengobatan yang spesifik untuk monkeypox masih terbatas tahap pengembangan. Pengobatan lebih bersifat simptomatis dan suportif," tuturnya.

Kendati demikian, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat agar dapat menjaga pola hidup sehat atau menjaga kebersihan lingkungan setempat, karena dengan begitu penyebaran dari berbagai penyakit yang ada bisa dilakukan pencegahan sedini mungkin.

"Dapat dengan menggunakan masker karena monkeypox dapat menyebar melalui mulut ke mulut juga dengan menghirup, serpihan kulit atau virus misalnya dari pakaian orang yang terinfeksi,” tandasnya juga. (tim redaksi)

#kesehatan
#cacarmonyet
#monkeyfox
#pemkabtangerang
#dinkes
#imbauan
#pencegahan

Tidak ada komentar