Breaking News

Bupati Pemalang Bersama 23 Orang termasuk Tukang Sapu Kena OTT, Ketua KPK: Kasus Suap!

Warga melintas di depan ruang Bidding Lelang Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pemalang, yang disegel oleh KPK RI, Jumat (12/8/2022). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Setelah lama tak terdengar, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini yang jadi sasaran adalah Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo (MAW).

Tim penindakan KPK mengamankan 23 orang dari operasi senyap yang dilakukan di dua tempat tersebut, yakni  Jakarta dan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada Kamis (11/8/2022).  

"Benar kita melakukan giat tangkap tangan terhadap pejabat negara di Jakarta dan Pemalang, kita telah mengamankan sekitar 23 orang dari Pemalang," ujar Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, Jumat (12/8/2022).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, selain Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, KPK juga mengamankan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang. Sedangkan Mukti Agung Wibowo dikabarkan diamankan di Jakarta. Tepatnya di daerah kawasan Senayan, dekat Gedung DPR/MPR RI.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo dan sejumlah pihak ditangkap karena diduga terlibat dalam berbagai praktik suap mulai dari pengadaan barang dan jasa hingga lelang jabatan di lingkungan Pemkab Pemalang. Mukti Agung Wibowo diduga sebagai pihak yang menerima suap.

Hingga saat ini, tim KPK masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap pihak-pihak yang diamankan dalam OTT di Jakarta dan Pemalang tersebut. KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan.

Selain Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo juga turut diamankan sejumlah pejabat Pemkab Pemalang hingga tukang sapu yang juga bekerja sebagai honorer berinisial EK.

Berdasarkan informasi tukang sapu tersebut turut serta membawa barang saat penangkapan. Namun sumber tak bersedia menjelaskan apakah barang tersebut adalah tas yang berisi uang atau bukan.

Mereka diamankan tim penindakan KPK pada sore hari dan diseret ke lembaga antirasuah pada pukul 17.20 WIB. Mereka langsung diperiksa secara intensif di lantai dua Gedung Merah Putih KPK.

Selain Mukti Agung Wibowo dan tukang sapu berinisial EK, mereka yang diduga turut diamankan yakni MR, WHD, DS, SG, MS, AJW, SLM, STP, IRW, SKN, AM, AH, DKY, AD, AW, KS, ES, HS AH, MDY, dan JT.

Ketua KPK Firli Bahuri tak menampik inisial mereka yang turut diamankan dalam OTT tersebut. Namun Firli meminta masyarakat bersabar menunggu pihaknya selesai bekerja. "Nanti penjelasannya," kata Firli.

Tapi Firli mengatakan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo diamankan tim penindakan KPK lantaran diduga terlibat tindak pidana suap. "MAW (Mukti Agung Wibowo) dan beberapa orang yang diamankan diduga telah melakukan tindak pidana korupsi berupa suap," ujarnya Jumat (12/8/2022). (tim redaksi)


#kpk
#operasitangkaptangan
#ott
#bupatipemalang
#muktiagungwibowo
#ketuakpk
#firlibahuri
#pemkabpemalang

Tidak ada komentar