Breaking News

Bupati Mukomuko Perjuangkan 17 Eks Napi Koruptor Jadi ASN Lagi, Gubernur Bengkulu Beri Respons Keras

Pegawai ASN. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah merespons usulan Bupati Mukomuko mengenai rencana pengangkatan 17 mantan narapidana kasus korupsi menjadi aparatur sipil negara (ASN). 

Menurut Rohidin, usulan pengangkatan kembali 17 mantan napi korupsi menjadi ASN tidak memiliki dasar hukum yang jelas.

"Terus atas dasar apa kita melakukan sebagai pembina kepegawaian untuk menyetujui atau mengusulkan kembali narapidana untuk status PNS," kata Rohidin di Balai Semarak Kota Bengkulu, dikutip Rabu (24/8/2022). 

Ia menjelaskan, bahwa tersangka kasus korupsi berapapun jumlah uangnya, ketika telah mendapatkan keputusan hukum tetap dari pengadilan maka yang bersangkutan diberhentikan secara tidak hormat sebagai ASN.

Namun jika yang bersangkutan melakukan Peninjauan Kembali (PK) atau proses hukum lainnya yang menghasilkan status hukum pidana korupsi hilang, maka hal itu bisa dilakukan. 

Sebelumnya Bupati Mukomuko Sapuan sekonyong-konyong memperjuangkan sebanyak 17 orang mantan narapidana kasus korupsi untuk diangkat kembali menjadi aparatur sipil negara (ASN) karena mereka telah selesai menjalani hukumannya.

"Ini kewajiban kami sebagai pemerintah daerah memperjuangkan. Kenapa tidak kita lakukan, daerah lain bisa itu yang kita lakukan tapi tentunya segala sesuatu keputusan di Menkumham dan Mendagri," ujarnya.

Sebanyak 17 orang ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mukomuko yang diberhentikan tidak hormat karena terlibat kasus korupsi sejak 2019 hingga 2020. 

Alasan pengajuan tersebut karena beberapa pertimbangan pemerintah daerah setempat memperjuangkan mantan narapidana kasus korupsi untuk diangkat kembali menjadi ASN setelah dilakukan telaah staf dan kajian Inspektorat. Selain itu, telah selesai menjalani hukuman dan dari aspek kemanusiaan serta daerah lain pun sudah melakukan hal yang sama. (tim redaksi)

#wacanapengangkatankembaliasneksnapikoruptor
#pegawaiasn
#aparatursipilnegara
#asn
#bupatimukomukosapuan
#gubernurbengkulu
#rohidinmersyah
#mantannapikorupsi

Tidak ada komentar