Breaking News

Bosan dengan Pemandangan Pepohonan Hijau, Coba Jajal 5 Wisata Eksotis Padang Gurun Ini

Hamparan padang Pasir Berbisik di Bromo, Jawa Timur. Foto: Istimewa/ Dok.ERC Trans

WELFARE.id-Indonesia punya banyak spot wisata eksotis. Selain gunung dan pantai, ada sederet gurun pasir di tanah air yang menarik untuk disambangi sebagai tujuan wisata.

Di hamparan pasir itu, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan pasir. Tak hanya panoramanya, ada banyak aktivitas yang bisa dijajal di gurun-gurun pasir yang ada di Indonesia. 

Merangkum berbagai sumber, Senin (22/8/2022), bagi wisatawan yang penasaran, bisa mengunjungi 6 wisata gurun pasir yang ada di Indonesia ini:

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Keberadaan Gumuk Pasir Parangkusumo yang berada di Kabupaten Bantul ini tidak asing lagi bagi warga Jogjakarta. Kawasan wisata itu itu merupakan padang pasir paling terkenal di Indonesia. 

Gumuk pasir ini terkenal dengan luasnya yang mencapai 412,8 hektare dan perbukitan pasirnya layaknya gurun pasir yang ada di negara-negara Timur Tengah. Untuk kegiatan, wisatawan di sini bisa melakukan banyak hal. 

Seperti berfoto di spot foto yang telah disediakan. Bermain sandboarding dengan menyewa papan, menikmati senja hingga, hanya sekadar duduk-duduk santai saja.

2. Gurun Pasir Bintan

Destinasi berikutnya berada di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Gurun pasir di sini cukup berbeda dengan gurun pasir pada umumnya, karena memiliki pasir putih yang membentuk gundukan-gundukan yang akhirnya menyerupai sebuah gurun pasir.  

Tidak hanya gurun pasir, di sela-sela gundukan pasir terdapat sebuah kolam kecil yang airnya berwarna biru dan hal ini menyerupai sebuah oase di tengah gurun pasir. Tempat wisata ini sebenarnya dahulu merupakan lokasi tambang yang akhirnya berhenti beroperasi pada tahun 1980-an.

3. Gumuk Pasir Sumalu

Gumuk Pasir Sumalu berada di Toraja Utara atau berada 45 menit dari Kota Rantebua. Gumuk pasir ini merupakan gundukan bukit yang mana terbentuk dari pasir yang dihembuskan oleh angin, lalu pasir-pasir tersebut jatuh di kawasan yang bercuaca panas dan kering. 

Yang membedakan dengan gumuk pasir pada umumnya, kalau Gumuk Sumalu memiliki perbukitan pasir yang bertekstur keras atau padat. Beda halnya dengan Gumuk Pasir Parangkusumo yang tekstur pasirnya tidak keras atau padat. Untuk warna gumuk ini sendiri memiliki warna dominan abu-abu.

3. Gurun Pasir Pantai Oetune

Lokasi Pantai Oetune sendiri berada di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Barat. Daya pikat lainnya selain air lautnya adalah hamparan gurun pasir yang memiliki luas mencapai ratusan meter persegi dan ditambah dengan tekstur pasirnya yang sangat lembut. 

Tidak hanya itu, gumuk ini juga cukup tinggi, yaitu mulai dari ketinggian mencapai 1-7 meter. Dengan ketinggian tersebut, tidak sedikit wisatawan melakukan sandboarding. 

4. Padang Pasir Berbisik Bromo

Keberadaan padang pasir berbisik yang ada di kawasan Gunung Bromo ini menjadi salah satu daya tarik selain pemandangan gunung-gunungnya. Karena pemandangan yang disuguhkan berupa lautan pasir yang sangat luas dan ditambah banyak pegunungan. 

Soal penamaan berbisik ini berasal dari pasirnya yang apabila terkena hembusan angin akan mengeluarkan bunyi seperti bisikan ular. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi padang pasir berbisik ini, sekaligus bisa menyaksikan Gunung Bromo dari ketinggian.

5. Gumuk Pasir Tungtung Karang

Kalau dibandingkan dengan gurun atau gumuk pasir lainnya, Gumuk Pasir Tungtung Karang masih tergolong baru. Gumuk pasir yang berada di Kabupaten Garut atau berada di pantai Selatan ini memiliki sebuah julukan sebagai Sahara Van Garut. 

Julukan ini disematkan karena melihat tampilan gumuk pasirnya yang menyerupai Gurun Sahara di Afrika. Bagi wisatawan yang ingin melihat fenomena ini, waktu perjalanan yang dibutuhkan dari Kota Garut mencapai kurang lebih 3 jam. 

Setibanya di sini, kawasan Gumuk Pasir Tungtung berada dalam satu kawasan yang sama dengan Pantai Sayang Heulang dan Bukit Teletubbies. (tim redaksi)

#padangpasir
#wisataalam
#pariwisataindonesia
#kekayaanalamindonesia
#gumukpasir
#wisataeksotis

Tidak ada komentar