Breaking News

Bisa Membahayakan Nyawa, Sebaiknya Lakukan Ini pada Pasien Keracunan Obat

Obat-obatan. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Pengacara Hotman Paris harus menjalani pemeriksaan di rumah sakit karena mengalami keracunan obat. Ia mengalami sejumlah gejala mulai dari wajah bengkak sampai mata memerah.

"Pagi-pagi Hotman dibawa ke UGD karena keracunan obat," kata Hotman di akun Instagramnya @hotmanparisofficial, dikutip Jumat (12/8/2022). Keracunan obat seperti yang dialami Hotman Paris dapat terjadi sebagai akibat dari konsumsi obat yang berlebihan, sehingga menyebabkan penumpukan obat sekaligus di dalam tubuh.

Hal ini dapat terjadi jika dosis yang dikonsumsi melebihi jumlah yang ditentukan. Atau bisa juga jika dosis yang ditentukan terlalu tinggi.

Dikutip dari Very Well Mind, Jumat (12/8/2022), gejala keracunan obat dapat berbeda tergantung pada obat yang dikonsumsi. Beberapa di antaranya termasuk:

- Diare
- Pusing
- Mual
- Sakit perut
- Muntah
- Nyeri dada
- Penurunan kesadaran
- Tubuh lemas
- Bibir membiru
- Wajah membengkak

Pertolongan pertama 

Apabila orang di sekitarmu mengalami keracunan obat, maka harus segera dilarikan ke fasilitas kesehatan. Sembari menunggu datangnya ambulans atau sebelum dibawa ke RS, kamu juga bisa mencoba beberapa langkah ini:

1. Mengecek pola nafas, denyut nadi dan saluran pernapasan orang yang keracunan obat. Jika penderita tidak merespon saat diajak berkomunikasi dan detak jantung yang lemah, kamu dapat melakukan RJP atau resusitasi jantung paru dengan memberikan penekanan pada dada dan memberikan napas buatan;

2. Apabila penderita muntah, bungkus tanganmu dengan kain atau plastik dan bersihkan sisa-sisa muntahan pada mulut penderita untuk memberikan jalur penapasan yang lebih lancar;

3. Baringkan penderita ke arah kiri dengan posisi yang nyaman sembari menunggu bantuan medis datang;

4. Hindari memberikan makanan atau minuman kepada penderita keracunan obat untuk menjauhi dari hal-hal yang tidak diinginkan;

5. Jika penderita keracunan makanan tidak sadarkan diri, dilarang untuk memberikan apapun kepada penderita seperti makanan atau minuman. Hal ini bisa saja akan memperburuk kondisi penderita keracunan obat. (tim redaksi)

#gejalakeracunanobat
#hotmanparishutapea
#keracunanobat
#penyebabkeracunanobat
#pertolonganpertama
#pertolonganmedis

Tidak ada komentar