Breaking News

Bersidang selama 9 Jam, Sidang Etik Irjen Ferdy Sambo Baru Selesai Periksa 8 Saksi

Irjen Ferdy Sambo saat menjalani sidang kode etik Polri terkait pembunuhan Brigadir J, Kamis (25/8/2022). Foto: Tangkapan layar YouTube Polri

WELFARE.id-Sidang kode etik mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Ferdy Sambo di Mabes Polri, Kamis (25/8/2022). Dikawal ketat, Irjen Ferdy Sambo tiba di ruang sidang kode etik pukul 09.00 WIB. 

Irjen Ferdy Sambo tiba dengan seragam lengkapnya dan dikawal sejumlah anggota Propam Mabes Polri di ruang sidang etik di Gedung NTCC Divisi Propam Polri yang dipimpin Kepala Badan Intelijen (Baintelkam) Polri dan anggota sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

”Ada Pak Irwasum, Pak Kadiv Propam, Gubernur STIK dan Irjen Pol Rudolf,” terang Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo sesaat sebelum sidang etik digelar. 

Dedi juga memaparkan saksi juga akan dihadirkan untuk mendalami peran dari Irjen Ferdy Sambo terkait peristiwa pidana pembunuhan Brigadir Polisi (Brigpol) Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinasnya di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

”Saksi-saksi yang dihadirkan antara lain Brigjen H, Brigjen B, Kombes B, Kombes A dan Kombes S,” ujar Dedi juga. Pada sidang kode etik ini, lanjut Dedi, akan didalami juga apa yang menjadi konstruksi hukum pelanggaran kode etik dan profesi yang dilakukan Irjen Ferdy Sambo. 

Sidang yang digelar dari pagi it uterus berlanjut hingga sore. Bahkan, KKEP selesai memeriksa tiga tersangka pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat pada Kamis sore (25/8/2022).

Kabag Penum Polri Kombes Nurul Azizah menjelaskan, pemeriksaan dilakukan untuk mendalami dugaan pelanggaran etik yang dilakukan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Nurul mengatakan ketiga saksi yang telah diperiksa sejak sidang dibuka pada pukul 09.25-15.00 WIB adalah Bharada Richard Eliezer (E), Bripka Ricky Rizal (RR), dan asisten rumah tangga Kuat Maruf (KM).

"Yang hadir di sidang pada tempat ini (Gedung TNCC Polri) saksi KM dan RR. Bharada E hadir melalui zoom," ujarnya kepada wartawan.

Ia uga menjelaskan selanjutnya Tim KKEP akan melanjutkan pemeriksaan terhadap 12 saksi yang telah dihadirkan sebelumnya. Usai memeriksa saksi, nantinya KKEP baru akan memanggil Irjen Ferdy Sambo selaku terperiksa.

"Setelah keseluruhan pemeriksaan para saksi dilaksanakan baru diperiksa terduga pelanggar," jelasnya juga. 

Untuk diketahui, dalam kasus pembunuhan Brigadir J kepolisian telah menetapkan 5 orang sebagai tersangka. Mereka antara lain Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, dan asisten rumah tangga Kuat Maruf, serta istri Sambo Putri Candrawathi.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP juncto Pasal 56 KUHP. Empat tersangka sudah ditahan, sementara Putri masih menunggu pemeriksaan selanjutnya.

Dalam kasus itu, Inspektorat Khusus (Irsus) Polri juga telah memeriksa 97 personel Polri terkait dugaan ketidakprofesionalan dalam menangani kasus kematian Brigadir J. Bahkan, 35 personel Polri dinyatakan diduga melanggar etik. (tim redaksi)


#sidangetikpolri
#irjenferdysambo
#mantankadivpropam
#pembunuhan
#brigadirj
#gedungntccpropam

Tidak ada komentar