Breaking News

Berapa Usia Ideal Anak Boleh Ikut Les? Ini Pendapat Ahlinya

Anak ikut les matematika. Foto: Ilustrasi/ iStockphoto

WELFARE.id-Makin sulitnya kurikulum pelajaran dan tingginya standar nilai di sekolah, membuat sebagian orang tua mendorong anak untuk les jalur bimbingan belajar. Les diharapkan bisa membantu anak untuk me-review pelajaran di sekolah dengan pendampingan guru luar yang juga profesional.

Selain les mata pelajaran, ada juga anak yang mengikuti les kemampuan. Misalnya, les balet, les renang, les bahasa Inggris, dan les musik.

Tapi sebenarnya, pada usia berapa idealnya anak dibolehkan untuk mengikuti beragam les? Montessori & Certified Positive Discipline Parents Educator Damar Wijayanti mengatakan, tidak ada patokan usia untuk anak mengikuti berbagai macam les. 

Satu-satunya yang harus menjadi pertimbangan adalah perasaan bahagia sang buah hati. "Anak punya cara yang unik untuk mengelola informasi, tak ada patokan usia. Tapi apakah waktu dikenalin (les) dia menikmati? Dia minta lagi atau dia senang banget atau stres," ujar Damar dalam diskusi daring "Lazada Mother and Baby Festival", dikutip Kamis (25/8/2022).

Sebab menurutnya, memperkenalkan berbagai jenis kegiatan pada anak adalah upaya yang bagus untuk menggali minat dan bakat. Namun, jika terlalu banyak malah akan menghambat tumbuh kembang karena fisiknya akan kewalahan.

Orang tua wajib mengetahui kondisi emosi dan fisik anak ketika mendaftarkan ke berbagai jenis les. Menurutnya, yang terpenting adalah tidak menyita waktu istirahat dan bermain.

"Kalau waktu main jadi berkurang, waktu istirahat terbatas, itu perlu dikaji ulang lagi. Kira-kira mana yang paling disukai. Kalau anaknya mulai kelihatan stres, kita tahan dulu sampai di usia yang dia punya energi lebih banyak," sarannya.

Saat ini, banyak tempat les yang menyediakan program percobaan sebelum orang tua mendaftar secara resmi untuk anaknya. Menurut Damar, ini adalah waktu yang tepat untuk melihat emosi anak.

Orang tua juga harus mau mendengar sudut pandang sang anak pada suatu kegiatan yang diikuti, untuk melihat ketertarikannya. "Jadi kuncinya observasi. Kan sekarang banyak yang menyediakan trial, ikut trial aja dulu baru dibicarakan ke anak,” imbaunya lagi.

Selain itu, sambungnya, harus ada komunikasi dua arah antara orang tua dan anak. Sehingga, kegiatan les menjadi menyenangkan bagi anak dan bisa maksimal dalam mengembangkan talenta buah hati. (tim redaksi)

#les
#bimbinganbelajar
#usiatepatanakmulailes
#pelajarantambahan
#bimbel
#ikutkelastrial

Tidak ada komentar