Breaking News

Banyak Manfaat Buah Pepaya, dari Cegah Penuaan Dini hingga Lancarkan Pencernaan

Buah pepaya, buah yang bermanfaat bagi tubuh dan murah. Foto: net

WELFARE.id-Semua orang tahu, kalau buah pepaya banyak mengandung vitamin yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu juga, papaya sangat murah dan mudah didapatkan. 

Tapi tahukah Anda kalau pepaya merupakan buah yang memiliki kandungan manfaat yang beragam bagi tubuh. 

Apalagi, buah pepaya sangat serbaguna karena bisa dikonsumsi langsung dan dibuat manisan atau sayuran itu sangat disukai di seluruh dunia karena rasanya yang manis dan bergizi tinggi.

Dilansir dari Indian Express, Sabtu (27/8/2022), berikut 5  manfaat pepaya yang diantaranya dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan, memperkuat paru-paru, dan membantu kecantikan.

1. Cegah Penuaan Dini
Sebanyak 150 gram pepaya diketahui hanya akan memberi 60 kalori dan mengandung nutrisi meliputi serat, kalium, dan vitamin A, C, E, K, dan B, termasuk folat (vitamin B9). Juga mengandung mineral seperti magnesium, kalsium, fosfor, besi dan mangan, dan senyawa antioksidan lainnya untuk membantu mencegah penuaan dan timbulnya penyakit gaya hidup.

2. Miliki Indeks Glikemik yang Rendah
Pepaya adalah makanan yang aman untuk penderita diabetes dalam jumlah sedang karena indeks glikemiknya yang moderat. Ini berarti tidak menyebabkan lonjakan gula secara tiba-tiba. Selain itu juga, papaya baik untuk usus, kaya akan antioksidan, serat, dan memberikan banyak nutrisi yang membantu penderita diabetes meningkatkan kesehatan mereka.

3. Buah Menyehatkan
Folat yang ada dalam pepaya membantu mengontrol homosistein dalam aliran darah (tingkat homosistein yang tinggi merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung), sedangkan serat di dalamnya menghambat penyerapan kolesterol LDL dalam darah. 
Selain itu juga, potasium membantu meredakan ketegangan pada sistem kardiovaskular dengan meredakan ketegangan di pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi yang lebih baik, membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

4. Penambah Kekebalan Tubuh 
Vitamin A, C, dan E dalam pepaya akan membuat sistem kekebalan tubuh terpompa. Ini adalah bantuan besar jika seseorang ingin menjaga infeksi telinga berulang, pilek, dan flu. Tidak banyak yang tahu bahwa pepaya juga mengandung sejumlah besar asam folat dan banyak zat besi, yang keduanya membantu memerangi anemia dan menjaga kelelahan, sesak napas, pusing, dan sakit kepala.

5. Mempelancar Pencernaan
Sejumlah enzim yang ada dalam papaya yakni papain dan chymopapain membantu memecah protein yang kita makan menjadi asam amino. Ini membantu mencegah gangguan gastro dan sembelit. Ini juga melakukan pekerjaan yang lebih besar, karena protein yang tidak tercerna tidak hanya menyebabkan pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat di usus kita, tetapi juga kekurangan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh kita secara teratur. 

Untuk diketahui, jika protein dalam makanan kita tidak dicerna dengan baik, dalam jangka panjang bahkan dapat menyebabkan radang sendi, sembelit kronis, ambeien, tekanan darah tinggi, dan berbagai masalah kesehatan lainnya maka perlu folat dan vitamin C dan E yang ada di pepaya.

Selain itu juga, pepaya mengurangi mabuk perjalanan secara alami. Jadi, mereka yang menghadapi masalah ini, sekarang Anda tahu apa yang harus dimakan sebelum Anda memulai perjalanan panjang. (tim redaksi)


#pepaya
#buahkayavitamin
#buahmurah
#kesehatantubuh
#penuhigizi
#hidupsehat

Tidak ada komentar