Breaking News

Bahaya Penyalahgunaan Obat, Dinkes Tangerang Gelar Edukasi di 44 Puskesmas

Ilustrasi penyalahgunaan obat tanpa resep dokter. Foto: net

WELFARE.id-Penyalahgunaan obat dan kosmetik tertentu seperti pemutih wajah dan pelangsing tubuh oleh masyarakat tanpa resep dokter cukup tinggi terjadi di Kabupaten Tangerang.

Karena itu, Apoteker Puskesmas se-Kabupaten Tangerang melakukan edukasi dan sosialisasi bahaya penyalahgunaan obat dan kosmetik tertentu tanpa resep dokter tersebut. 

Edukasi ini penting bagi masyarakat selain karena maraknya penjualan kosmetik dan obat-obatan tertentu itu sangat membahayakan kesehatan.
 
Kepala Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Desi Tirtawati mengatakan, kegiatan ini menjadi wadah Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KEI) yang digelar serentak di 44 puskesmas di seluruh Kabupaten Tangerang. 

Dia juga mengatakan kegiatan ini juga menjadi bagian dari program Gebyar Gempita atau Gerakan Bersama Masyarakat Cegah Maraknya Peredaran Obat-obat Terlarang.

Menurut Desi juga, kegiatan ini sangat penting guna memberikan edukasi pengetahuan kepada masyarakat tentang bahaya penggunaan obat-obat tertentu yang sering disalahgunakan dan dampaknya bagi tubuh penggunanya.

"Dalam kegiatan ini, para apoteker di masing-masing puskesmas mengedukasi masyarakat tentang bahaya mengkonsumsi obat-obat tertentu tanpa resep dokter. Para apoteker puskesmas juga mengajak masyarakat untuk waspada terhadap peredaran obat-obat tertentu di wilayah Kabupaten Tangerang," paparnya juga.

Desi juga menambahkan saat ini masih terdapat toko obat dan toko kosmetik yang tidak berizin menjual obat keras dan obat tertentu yang membahayakan masyarakat di lingkungan Kabupaten Tangerang.

Dia berharap dengan kegiatan ini masyarakat mendapatkan informasi tentang bahaya obat-obatan yang tidak sesuai ketentuan dan mencegah masyarakat dari mengkonsumsi obat-obat yang sering disalahgunakan tersebut. (tim redaksi)


#edukasi
#kesehatanmasyarakat
#penggunaanobattertentu
#pelangsingbadan
#pemutihwajah
#dinkeskabupatentangerang

Tidak ada komentar