Breaking News

Awas! Pemanis Buatan dalam Minuman Bersoda Picu Penyakit Diabetes

Ilustrasi minuman bersoda yang mengandung pemanis buatan. Foto: net

WELFARE.id-Ini peringatan serius bagi Anda yang sering menenggak minuman bersoda. Pasalnya, gula buatan dalam minuman bersoda bisa menyebabkan diabetes. Sedangkan gula asli dapat dengan cepat menambah kalori. 

Sebuah penelitian menemukan pemanis buatan yang digunakan dalam produk seperti minuman bersoda dapat menyebabkan diabetes. Laman The Sun, Senin (22/8/2022) menulis kalau produsen minuman bersoda telah lama mengklaim bahwa pengganti gula aman dan tidak berpengaruh pada tubuh manusia. 

Namun, data baru tampaknya membantah klaim produsen minuman bersoda bahwa pengganti gula tidak memiliki efek buruk pada tubuh manusia.

Pasalnya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh German National Cancer Centre mengatakan orang dewasa yang mengonsumsi pemanis buatan mengalami perubahan dalam komposisi dan fungsi mikroba ususnya. 

Para ilmuwan menemukan bahwa sakarin dan sucralose memengaruhi bakteri usus dengan cara memengaruhi kadar gula darah. Pengganti gula yang meliputi sakarin dan aspartam, ada dalam ribuan produk diet seperti minuman bersoda, makanan penutup, makanan siap saji, dan kue. Pemanis buatan itu bahkan dapat ditemukan dalam permen karet dan pasta gigi. 

”Pada subjek yang mengonsumsi pemanis non-nutrisi, kami dapat mengidentifikasi perubahan yang sangat berbeda dalam komposisi dan fungsi mikroba usus dan molekul yang mereka keluarkan ke dalam darah tepi," ujar Profesor Eran Elinav dari German National Cancer Centre, seperti dilansir dari laman New York Post, Senin (22/8/2022).

Ini sepertinya menunjukkan mikroba usus dalam tubuh manusia agak responsif terhadap tiap pemanis buatan tersebut. "Ketika kami melihat konsumen pemanis non-nutrisi sebagai kelompok, kami menemukan dua pemanis non-nutrisi (sakarin dan sucralose) secara signifikan berdampak pada toleransi glukosa pada orang dewasa yang sehat," katanya juga. 

Menariknya, perubahan pada mikroba sangat berkorelasi dengan perubahan yang dicatat dalam respons glikemik orang. Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa pemanis buatan dapat memiliki efek buruk pada metabolisme dan pengendalian nafsu makan seseorang.

Profesor Eran Elinav ingin meningkatkan kesadaran kepada masyarakat akan bahaya pemanis buatan dalam minuman bersoda. Ia pun merekomendasikan minuman terbaik untuk setiap orang. "Minum air mineral saja, itu yang terbaik," tutur Elinav juga. (tim redaksi)


#kesehatan
#gayahidup
#minumanbersoda
#penelitianterbaru
#airmineral
#gulabuatan

Tidak ada komentar