Breaking News

Asyik! Harga Tiket Pesawat Mulai Turun

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id-Kabar bahagia buat kamu yang ingin bepergian ke luar kota atau luar negeri. Karena harga tiket pesawat kini terpantau turun menyusul harga avtur yang mulai melandai. 

Harga tiket pesawat untuk rute-rute ramai seperti Jakarta-Bali, hingga Jakarta-Singapura kini sudah ada yang dijual di bawah Rp 1 juta. 

Sebelumnya, harga tiket pesawat ke rute tersebut melambung, tak hanya naik seratusan ribu rupiah, tapi hingga jutaan. Akibat efek domino pandemi COVID-19 di mana terjadi lonjakan permintaan sementara ketersediaan pesawat rendah. Ditambah, lonjakan harga avtur.  

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung lonjakan harga tiket pesawat ini dan menginstruksikan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi segera melakukan upaya menurunkan harga tiket. "Di lapangan yang saya dengar, harga tiket pesawat tinggi. 

Pak Menteri Perhubungan saya perintahkan segera selesaikan ini. Garuda, Menteri BUMN saya sampaikan segera tambah pesawatnya agar harga bisa seperti keadaan normal," kata Presiden dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8/2022). 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pun bertindak dengan meminta diskon pajak pertambahan nilai (PPN) kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani.  Hal ini merupakan satu dari tiga jurus yang disiapkan Budi untuk menekan harga tiket pesawat yang sempat melonjak gila-gilaan. 

Dia mengaku terus meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, juga operator penerbangan 

Usulan diskon PPN sendiri berasal dari pemangku kepentingan, yaitu agar PPN avtur dihilangkan atau diturunkan menjadi hanya 5 persen.  

"Karena avtur mempengaruhi biaya operasional penerbangan sekitar 40% lebih. Terlebih untuk pesawat kecil seperti propeller yang melayani daerah-daerah pelosok. Kami akan mengusulkan kepada Kementerian Keuangan terkait hal ini. Kalau semua upaya ini bisa dilakukan, diharapkan dapat menstabilkan harga tiket antara 15-20 persen,"kata Budi dalam keterangan pers dikutip Senin (22/8/2022). 

Pada saat bersamaan, lanjutnya, dilakukan upaya lain yang diharapkan strategis mengatasi lonjakan harga tiket pesawat. "Kami sudah meminta maskapai penerbangan melakukan upaya efisiensi dan inovasi untuk mengelola harga tiket pesawat lebih terjangkau. Melakukan efisiensi, memberikan diskon dan tarif yang lebih murah di waktu-waktu tertentu, dan inovasi-inovasi lainnya," katanya. 

Upaya berikutnya, lanjutnya, bersama antara Pemerintah Daerah dan maskapai memaksimalkan tingkat keterisian penumpang di waktu-waktu tertentu. 

"Di hari kerja, misalnya di hari Rabu pada siang hari, biasanya okupansi rata-rata hanya 50 persen. Maskapai harus mempromosikan diskon atau menurunkan harga karena permintaan yang rendah. Masyarakat bisa memanfaatkan waktu-waktu tersebut untuk mendapatkan tiket yang lebih murah," kata Budi. 

"Sehingga tingkat keterisian penumpang akan semakin meningkat dan harga tiketnya stabil, sehingga secara kumulatif pendapatan maskapai meningkat dan akan memberi ruang agar tidak mengenakan tarif batas atas pada waktu puncak," tambahnya.  

Selanjutnya, meningkatkan peran Pemerintah Daerah agar memberikan subsidi dengan cara melakukan block seat. Di mana Pemerintah Daerah menjamin tingkat keterisian agar bisa lebih dari 60 persen. 

"Contohnya yang dilakukan Pemerintah Daerah di Toraja, Sulawesi Selatan. Mereka memberikan dukungan kepada maskapai sehingga tingkat keterisian bisa di atas 70 persen dan maskapai bisa terus melayani rute tersebut dengan harga yang terjangkau karena kepastian okupansinya," ujar Budi. 

Hasilnya, mula hari ini Senin, (22/8/2022) di platform penjualan tiket pesawat, untuk rute seperti Jakarta-Bali, jadwal penerbangan bulan Agustus ini banyak ditemui harga tiket Rp900 ribuan.  

Contohnya, jadwal penerbangan di hari Minggu (28/8/2022) harga termurah tersedia Rp982 ribu menggunakan maskapai Super Air Jet kelas ekonomi penerbangan pukul 4.45 - 07.35 WIB. 

Sementara Lion Air juga menjual harga tiketnya mulai dari Rp990 ribu, Air Asia, Nam Air, Pelita Air mematok harga tiket termurahnya Rp1 jutaan pada waktu penerbangan yang sama. Sebelumnya harga tiket ke Bali sulit ditemukan untuk harga yang di bawah Rp1 juta. 

Harga tiket pesawat murah yang ditawarkan maskapai juga terlihat lebih banyak jika anda merencanakan penerbangan dari jauh hari. Seperti untuk penerbangan (3/9/2022) mendatang pada rute yang sama, Super Air Jet dan Pelita Air membanderol tiket dengan harga Rp900 ribuan. 

Sedangkan untuk rute penerbangan seperti Jakarta-Singapura kini juga mulai banyak yang menawarkan harga tiket termurah di bawah Rp1 juta. Seperti penerbangan pada (14/8/2022) mendatang, harga tiket termurah yang dijual mencapai Rp855 ribu dengan Air Asia dan Jet Star Rp1,1 juta. 

Namun, masih ada yang menjual tiket Rp1,7 - 3 juta seperti KLM, Garuda Indonesia, Batik Air, Malindo, hingga Scoot. (tim redaksi) 

#tiketpesawat
#hargatiketpesawat
#hargatiketpesawatturun
#destinasi
#wisata
#pesawat

Tidak ada komentar