Breaking News

AS Mulai Panik, New York Umumkan Darurat Kesehatan Cacar Monyet Susul San Fransisco

Cacar monyet. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Susul San Fransisco, Kota New York juga canangkan darurat kesehatan akibat cacar monyet di Amerika Serikat (AS). AS telah melaporkan jumlah kasus cacar monyet tertinggi di dunia yaitu menembus hingga 5.100 kasus, sehingga sejumlah wilayah utama mengumumkan darurat cacar monyet.

Melansir Xinhua, Selasa (2/8/2022), para pakar kesehatan mengatakan bahwa mengingat hambatan pengujian di AS, jumlah kasus cacar monyet kemungkinan lebih besar dari angka yang dilaporkan. San Francisco menjadi kota besar pertama di AS pada Kamis (28/7/2022) lalu yang mengumumkan keadaan darurat kesehatan lokal cacar monyet.

Hal tersebut dilakukan guna memperkuat kesiapsiagaan dan respons kota itu di tengah tingginya permintaan vaksin. Pengumuman darurat kesehatan tersebut mulai berlaku pada Senin (1/8/2022).

Pada Sabtu (30/7/2022), giliran pemerintah Kota New York mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat karena wabah cacar monyet. Negara Bagian New York sejauh ini telah melaporkan lebih dari 1.300 kasus cacar monyet.

Pengumuman tersebut akan memungkinkan departemen kesehatan untuk mengeluarkan perintah darurat di bawah undang-undang kesehatan kota dan mengamendemen ketentuan undang-undang demi membantu memperlambat penyebaran wabah. Gubernur New York Kathy Hochul menegaskan, cacar monyet kini menjadi ancaman di sana. 

Deklarasi akan memungkinkan pejabat untuk mengeluarkan perintah darurat dan mengubah ketentuan untuk menerapkan langkah-langkah guna memperlambat penyebaran. Sementara itu, Wali Kota Eric Adams mengatakan, sebanyak 150.000 penduduk kota dapat berisiko terinfeksi. 

Hal ini dibenarkan pula oleh komisaris kesehatan Ashwin Vasan."Kami akan terus bekerja dengan mitra federal kami untuk mengamankan lebih banyak dosis (vaksin) segera setelah tersedia," kata keduanya dalam sebuah pernyataan bersama, dikutip dari cnn.com. 

"Wabah ini harus dihadapi dengan urgensi, tindakan dan sumber daya, baik secara nasional maupun global, dan deklarasi darurat kesehatan masyarakat ini mencerminkan keseriusan saat ini," tambahnya. Menurut data yang dikumpulkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), New York telah mencatat 1.345 kasus pada hari Jumat. 

California berada setelahnya dengan 799. Perlu diketahui, virus ini menyebar melalui kontak kulit ke kulit yang berkepanjangan dan dekat. 

Selain itu, cacar monyet juga menular dengan berbagi tempat tidur, handuk, dan pakaian. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan cacar monyet sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia (KKMMD) pada 23 Juli 2022. 

Hingga saat ini, ada lebih dari 22.000 kasus cacar monyet yang dilaporkan di hampir 80 negara sejak Mei. Angka ini diiringi sekitar 75 kasus dugaan kematian di Afrika, sebagian besar di Nigeria dan Kongo. (tim redaksi)

#cacarmonyet
#cacarmonyetdias
#amerikaserikat
#kasusmeningkat
#newyorkumumkandaruratkesehatan
#sanfransisco

Tidak ada komentar