Breaking News

Akses Jalan Poros Petung-Sepaku Menuju IKN Nusantara Dilebarkan, Diberlakukan Buka Tutup Lalu Lintas

Jalan Poros Petung-Sepaku dalam proses pelebaran. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Akses jalan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dilebarkan. Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengebut proses pengerjaan infrastruktur jalan yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) itu.

Jalan Poros Petung-Sepaku akan dilebarkan menjadi 52 meter untuk memperlancar arus lalu lintas dan distribusi logistik menuju lokasi pembangunan IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku. Adanya proyek pelebaran Jalan Poros Petung-Sepaku tersebut, membuat Satlantas Polres PPU menerapkan sistem buka tutup jalan untuk memperlancar pengerjaan pelebaran jalan tersebut.

"Rekayasa lalu lintas ini dilakukan atas permintaan BPJN dan sudah berlaku sejak 1 Agustus 2022,” kata Kasat Lantas Polres PPU AKP Arif Ridho, dikutip Jumat (26/8/2022). Rekayasa lalu lintas dilakukan untuk membatasi truk 10 roda untuk melintas mulai pukul 06.00 sampai 22.00 WITA. 

Pun demikian dengan kendaraan berat yang cukup besar itu akan diizinkan melintas di Jalan Poros Petung-Sepaku dari pukul 22.00 sampai pukul 06.00 WITA. "Kendaraan roda 10 diizinkan melintas jam 10 malam sampai jam 6 pagi,” ujarnya.

Satlantas terus melakukan pengawasan dari Kelurahan Petung untuk mengantisipasi kendaraan 10 roda melintas di luar jam yang ditentukan. Begitu juga di daerah perbatasan Sepaku dengan Samboja, Kutai Kartanegara.

"Jika ada kendaraan 10 roda yang melintas di luar jam yang ditentukan akan diarahkan ke areal parkir yang sudah disiapkan. Nanti, akan dipersilkan melintas setelah memasuki jam 10 malam,” tuturnya.

Arif Ridho memastikan, rekayasa lalu lintas itu hanya ditujukan untuk kendaraan 10 roda ke atas. Sedangkan truk kategori sedang, angkutan umum, dan sepeda motor tetap bebas melintas tanpa ada pengaturan jam lintasan.

Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim, Kombes Sonny Irawan, melalui Kabag Bin Opsnal AKBP Bangun Isworo menjelaskan, rekayasa lalu lintas yang dimaksud yaitu dengan memberlakukan sistem buka tutup jalan demi kelancaran jalur logistik. "Untuk sistem buka tutup jalur mulai dari Kilometer 38, Balikpapan hingga simpang tiga Silkar, Petung, PPU akan diberlakukan pada 1 Agustus hingga 31 Desember 2022 mendatang,” kata Bangun Isworo, sebelumnya. (tim redaksi)

#aksesjalanmenujuiknnusantara
#iknnusantara
#rekayasalalulintas
#proyekjalanporospetungsepaku
#penajampaserutara
#pelebaranjalan

Tidak ada komentar