Breaking News

Ahli : Vaksin Smallpox Masih Efektif Cegah Monkeypox

Ilustrasi (net)

WELFARE.id-Virus cacar monyet memang tengah menjadi darurat kesehatan global, setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) melihat persebaran virus cacar monyet yang begitu masif. Tercatat, saat ini sudah ada 75 negara yang menyatakan terpapar virus cacar monyet. 

Cacar monyet atau monkeypox pertama kali muncul di negara Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970. Cacar monyet menyebar antarmanusia melalui percikan liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung, atau luka di kulit. Penularan juga bisa terjadi melalui benda yang terkontaminasi, seperti pakaian penderita. 

Virus cacar monyet sudah memiliki vaksin, tapi karena sudah lama tidak terjadi di banyak negara, vaksin tersebut akhirnya sangat jarang dimiliki. Bahkan, di Indonesia sendiri tidak ada vaksin khusus untuk cacar monyet. 

Mantan Direktur Penyakit Menular Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Asia Tenggara, Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan, virus penyebab cacar monyet, yakni monkeypox, memang satu genus dengan penyebab cacar (smallpox). Jadi, tak salah bila ada pendapat yang menyebut vaksin cacaryang sebelum tahun 1980-an diberikan ke masyarakat dunia dapat melindungi terhadap cacar monyet yang kini mewabah. 

"Ini dasar pendapat bahwa vaksin yang puluhan tahun lalu diberikan untuk cacar masih mungkin berperan untuk melindungi dari cacar monyet sekarang ini," ujarnya dikutip Kamis (11/8/2022). 

Mengutip pendapat Dr Anthony Fauci selaku penasehat penyakit menular pemerintah Amerika Serikat, Prof Tjandra menyebut lamanya proteksi vaksin cacar dapat berbeda dari orang ke orang. Artinya, tidak ada jaminan penuh bahwa mereka yang dulu sudah divaksinasi cacar kini akan tetap terlindungi dari cacar monyet. 

Dia menjelaskan, WHO mengatakan bahwa beberapa studi obsevasional menunjukkan bahwa vaksin cacar punya efektifitas 85 persen mencegah cacar monyet. Artinya, setidaknya masih ada 15 persen yang tidak terlindungi. "Kalau populasi besar maka jumlah mutlaknya besar juga," imbuhnya. 

WHO juga mengatakan mereka yang sudah pernah divaksinasi cacar dan kemudian masih tertular cacar monyet maka gejalanya akan lebih ringan. (tim redaksi) 

#monkeypox
#cacarmonyet
#vaksin
#vaksinsmallpox
#who

Tidak ada komentar