Breaking News

6 Berkas dari 9 Parpol Pendaftar Kemarin Dinyatakan Lengkap, Verifikasi Administrasi Bertahap Dimulai Hari Ini

Gedung KPU. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima berkas pendaftaran dari 9 partai politik di hari pertama, Senin (1/8/2022). Kesembilan parpol tersebut yaitu, PDIP, PKP, PKS, Partai Reformasi, PRIMA, Perindo, Nasdem, PBB, dan Pandai.

Setelah melakukan pengecekan, KPU menyatakan, 6 dokumen dari 9 parpol yang mendaftar pada hari pertama dinyatakan lengkap 100%. Keenam parpol tersebut antara lain PDI Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai NasDem, serta Partai Bulan Bintang (PBB). 

Ketua Divisi Bidang Teknis KPU, Idham Kholid, mengatakan, pengecekan dilakukan dengan cara mencocokkan data di Sipol. "Setelah kami menerima dokumen, kami langsung melakukan pengecekan seperti Pasal 173 ayat 3 dan kami hanya menerima dokumen yang lengkap," kata Idham Kholid di kantor Komnas HAM, kepada wartawan, dikutip Selasa (2/8/2022).

Sementara itu, 3 parpol lainnya, yakni Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Reformasi, dan Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai), masih dilakukan proses pengecekan. Selanjutnya, terhadap parpol yang sudah dinyatakan dokumen lengkap tersebut akan dilakukan proses verifikasi administrasi hingga 11 September mendatang. 

Selanjutnya, pada 14 September akan disampaikan hasil verifikasi tersebut. "Berdasarkan lampiran satu PKPU Nomor 4 Tahun 2022, verifikasi administrasi dilakukan satu hari kemudian. Jika parpol mendaftar di hari pertama dan dinyatakan lengkap, maka mulai tanggal 2 Agustus sampai 11 September kami akan melakukan verifikasi administrasi. 

Kemudian tanggal 14 September 2022 kami akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi kepada parpol yang bersangkutan. Jadi verifikasi administrasi akan kami mulai besok bagi parpol yang dinyatakan lengkap pada hari pertama," paparnya panjang lebar.

Ketua KPU Hasyim Asyari menambahkan, proses pemeriksaan berkas persyaratan menjadi salah satu hal yang penting dilakukan. Mengingat, KPU akan menerbitkan berita acara bagi parpol yang telah dinyatakan lengkap berkasnya.

Sementara, jika berkas persyaratan tersebut setelah diperiksa dianggap belum lengkap, maka KPU akan meminta parpol tersebut untuk melengkapi kembali hingga batas akhirnya 14 Agustus 2022 pukul 00.00 WIB. "Proses (pemeriksaan berkas persyaratan) ini sedang berjalan bagi parpol yang mendaftar tadi pagi," jelasnya, kemarin.

Bagi berkas yang belum lengkap, lanjutnya, partai politik masih memiliki kesempatan sampai 14 Agustus 2022 pukul 24.00 WIB untuk melengkapinya. Untuk verifikasi administrasi parpol yang sudah menyampaikan dokumen pendaftaran, dia berharap pada pemilu kali ini bisa lebih cepat daripada penyelenggaraan pemilu sebelumnya. 

"Karena Sipol sudah aktif sejak awal, parpol sudah unggah Sipol, bagus. Kemungkinan memeriksa kelengkapan lebih cepat," ujarnya.

Terkait verifikasi, partai parlemen hanya sampai verifikasi administrasi, sedangkan parpol non-parlemen akan mengikuti verifikasi faktual. Tahapan pendaftaran partai politik berakhir dengan penetapan dan pengundian partai politik.

Ketua Partai Reformasi Syamsahril menyampaikan, partainya mendaftar ke KPU pada hari pertama meski unggah data Sipol belum mencapai 100 persen. "Baru 75 persen, dan ditambah dengan dokumen fisik, tapi itu segera akan kami unggah dan lengkapi," kata dia usai mendaftar ke KPU.

Selain Partai Reformasi, Partai Pandai juga belum lengkap dokumen administrasinya. Ketua Umum Partai Pandai Farhat Abbas mengatakan, dokumen untuk jajaran partainya di tingkat provinsi sudah lengkap 100 persen, tinggal melengkapi dokumen kabupaten kota. 

"Jadi, kami punya waktu 14 hari untuk melengkapinya," ujarnya. Sementara, Sekretaris Jenderal DPP Partai Bulan Bintang Afriansyah Ferry Noor mengatakan, dengan bantuan Sipol, PBB lebih siap saat pendaftaran. 

"Sampai saat ini dengan sistem baru, kita lebih siap. Jadi dimulai Juni 2022 kemarin kita sudah memasukkan data ke Sipol yang dibuka oleh KPU RI," kata Afriansyah Ferry Noor. (tim redaksi)

#pendaftaranparpol
#pemilu2024
#kpu
#komisipemilihanumum
#verifikasiaktual
#verifikasiadministrasia
#sipol
#parpol

Tidak ada komentar