Breaking News

414 Mahasiswa Bandung Positif HIV, Ini Tanda-Tanda Tertular Virus Mematikan Itu

Foto: net

WELFARE.id-Kasus mengejutkan terjadi di Bandung, Jawa Barat. Pasalnya, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung, mengungkapkan melonjaknya kasus HIV di kalangan anak muda setempat. 

Ternyata,  414 mahasiswa Bandung positif menderita human immunodeficiency virus  atau HIV. Jumlah tersebut setara dengan 6,97 persen dari total kasus penyakit yang belum ada obatnya di Kota Bandung. 

Ketua Sekretariat KPA Kota Bandung Silvia Dewi mengatakan bahwa penyakit menular yang ditularkan melalui penggunaan narkoba dengan jarum suntik dan seks bebas ini banyak dialami kelompok usia produktif.

”Paling banyak itu penderita HIV usia 20-29 tahun, persentasenya 44,84 persen, usia produktif banget," ujarnya juga. Untuk diketahui, HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. 

Jika tidak diobati, virus ini akan berkembang menjadi AIDS (acquired immunodeficiency syndrome).
Adapun gejala atau tanda-tanda awal HIV dikenal sebagai sindrom retroviral akut. 

Biasanya, gejala yang muncul mirip seperti saat seseorang terkena flu. Gejala awal HIV umumnya akan berkembang dalam 2 sampai 4 minggu setelah penularan. 

Tetapi, beberapa orang mungkin tidak akan mengalami gejala awal setelah mereka tertular virus mematikan yang belum ada obatnya tersebut.

Gejala penyakit ini akan hilang dalam waktu yang cukup lama, sekitar 10 hingga 15 tahun. Tetapi, ini bukan berarti virusnya sudah hilang, sebab HIV termasuk kondisi kesehatan yang harus mendapat perawatan berkelanjutan.

Adapun gejala awal HIV yang kerap muncul, yakni:
Sakit kepala
Demam
Kelelahan atau kelelahan
Nyeri sendi
Kehilangan selera makan
Pembengkakan kelenjar getah bening
Sakit tenggorokan
Ruam
Nyeri otot dan sendi
Sariawan di mulut
Borok pada alat kelamin
Keringat malam
Diare
Rasa tidak enak badan
Nyeri otot
Mual

Jadi jangan sepelekan bila menderita tanda-tanda di atas dan segera hubungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan. (tim redaksi)


#kesehatan
#penyakitmenular
#hiv
#aids
#seksbebas
#narkoba
#kpakotabandung

Tidak ada komentar