Breaking News

2 Bulan di Revitalisasi, Pasar Barito Hampir Rampung

Pasar Barito (Foto: instagram @kotajakartaselatan) 

WELFARE.id-Dua bulan lalu, Pemerintah Kota Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) merevitalisasi Pasar Barito. Saat ini, prosesnya sudah hampir selesai. "Insha Allah Agustus tapi kalau dilihat seminggu lagi udah kelar. Tinggal pasang 'rolling door'," kata Kepala Suku Dinas (Sudin) PPKUKM Jakarta Selatan Dedy Dwi Widodo dikutip Jumat (5/8/2022). 

Dedy mengatakan, batas waktu kontrak pengerjaan pembangunan revitalisasi Pasar Barito sampai akhir Agustus 2022. Karena itu, Suku Dinas PPKUKM Jakarta Selatan berupaya merampungkan bangunan itu secepatnya. 

Pemkot Jakarta Selatan belum menentukan kapan operasional dilakukan. "Kami berharapnya setelah selesai, pedagang langsung bisa isi. Mereka kan juga kasihan sudah lama tutup. Saya maunya sih langsung dagang tapi lagi-lagi itu kami bakal bahas pada pihak pelaksana," imbuhnya. 

Dedy mengatakan, perawatan 85 kios pedagang hewan setelah direvitalisasi masih menjadi tanggung jawab pihak ketiga. Waktu perawatan kios-kios di Pasar Barito oleh pihak ketiga itu selama tiga bulan setelah revitalisasi selesai. 

"Pihak pelaksana melaksanakan kewajiban memberikan kewajiban perawatan karena takut di tengah jalan tiba-tiba ada yang rusak, itu masih selama kami harapkan selama tiga bulan kewajiban mereka untuk diperbaiki," ucap Dedy. 

Dari hasil revitalisasi, jelasnya, ada fasilitas tambahan dari hasil revitalisasi berupa tempat pemandian hewan di antara kios Pasar Barito. "Kami tambahkan fasilitas yang pertama adalah tempat mandi hewan ada dua unit, mushala satu, kemudian toilet," ujar Dedy. 

Dedy mengatakan, penambahan fasilitas tempat mandi hewan bertujuan untuk menjaga kesehatan hewan yang dijual oleh pedagang di Pasar Barito. "Saya berpikiran karena ini lokasi jual hewan, tentu butuh tempat mandi hewan-hewan untuk kebersihan dan kesehatan hewan itu sendiri. Dan untuk mushala saya pikir pengunjung atau pelaku usaha namanya mungkin sebagaian besar muslim, mereka juga ingin ibadah, kami siapkan tempat ibadah," ujar Dedy. (tim redaksi) 

#revitalisasi
#revitalisasipasarbarito
#pemkotjaksel
#pasarbarito
#pedagangburung
#pedagangparcel

Tidak ada komentar