Breaking News

WhatsApp Sudah Terdaftar di PSE, Kominfo Bisa Intip Pesan Pribadi Pengguna?

Aplikasi Whatsapp. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Proses pendaftaran wajib sistem Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat sudah selesai. Sejumlah perusahaan digital sudah mendaftar, sebagian kecil lainnya belum dan akan dijatuhi sanksi pemblokiran oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Pakar Siber CISSReC Pratama Persadha menjelaskan, melalui pendaftaran sistem PSE Lingkup Privat, Kominfo kini bisa mengakses isi percakapan dalam WhatsApp, meski sudah dienkripsi. Merujuk pada aturan Permenkominfo Nomor 5 tahun 2020 tentang PSE Lingkup Privat. 

Namun tak sembarangan, akses pesan WhatsApp ini dilakukan apabila berkaitan dengan kasus hukum untuk keperluan penyidikan. "Dengan Permenkominfo PSE ini, pemerintah bisa meminta dan melihat informasi yang dibutuhkan untuk keperluan penyelidikan, meskipun data tersebut dienkripsi," ujar Pratama Persadha dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (29/7/2022).

Sebelum itu, Kominfo juga harus memenuhi syarat dan tidak boleh secara sembarangan mengakses WhatsApp seseorang. Pasalnya, Kominfo juga bisa melanggar kebebasan berkomunikasi rakyat Indonesia yang dijamin dalam UUD 1945 Pasal 28.

Seperti yang diketahui, enkripsi merupakan sebuah metode yang memungkinkan informasi "terkunci". Pesan yang telah dienkripsi pun akan diubah ke dalam kode acak rahasia. (tim redaksi)

#whatsapp
#pakarsiber
#sistempselingkupprivat
#kominfo
#aksespesan

Tidak ada komentar