Breaking News

Wacana Depok Gabung Jakarta Menggema Lagi, Riza Patria Sebut Domain Pemerintah Pusat

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Wacana penggabungan Kota Depok, Kota Bekasi dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengemuka lagi. Itu terjadi setelah Wali Kota Depok Mohammad Idris mewacanakan pembentukan Provinsi Jakarta Raya agar tiga daerah penyangga bisa bergabung.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi wacana pembentukan Provinsi Jakarta Raya tersebut. Ia menyebut usulan pembentukan Provinsi Jakarta Raya menjadi domian pemerintah pusat untuk menjawab. 

Dia menyerahkan realisasi kebijakan tersebut kepada pemerintah pusat jika memang akan diwujudkan. 

”Kami Pemprov DKI sepenuhnya menyerahkan kebijakan itu kepada pemerintah pusat," ujarnya, Selasa (12/7/2022).

Riza juga berterima kasih dengan usulan Wali Kota Depok tersebut. Menurut petinggi Partai Gerindra itu juga, Ibu Kota dan daerah penyangganya memang tidak mudah terpisahkan. 

Kebijakan yang melibatkan kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi) pun selalu dibahas bersama-sama. Misalnya, kata Riza juga, terkait persoalan pandemi COVID-19, transportasi, pengendalian banjir, dan penataan kota. 

Selain itu, mantan anggota DPR RI ini juga ini tak menganggap kalau kawasan Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) sebagai beban bagi Jakarta selama ini. 

"Apapun masalah yang ada di wilayah penyangga Ibu Kota itu adalah masalah kita bersama yang harus kita selesaikan bersama," cetusnya juga. 

Untuk diketahui, sebelumnya Wali Kota Depok Mohammad Idris mengusulkan daerah pinggiran Jakarta disatukan dengan DKI menjadi Provinsi Jakarta Raya. Harapannya agar masalah di daerah penyangga mudah terselesaikan jika kawasan tersebut digabung. 

"Satu ide saya kalau mau sukses pembangunan Jakarta dan sekitarnya, satukan Jakarta Raya dalam satu provinsi," terang Idris. Idris juga mengatakan jika ada di bawah satu provinsi maka koordinasi pembangunan mudah dilakukan. (tim redaksi)

#wakilgubernurdki
#ahmadrizapatria
#provinsijakartaraya
#penggabunganwilayah
#kotadepok
#mohammadidris

Tidak ada komentar