Breaking News

Viral, Pemilihan Putri Jawa di Suriname, Semua Pesertanya Keturunan Indonesia

Pemilihan Putri Jawa di Suriname (ist) 

WELFARE.id-Suriname memiliki sejarah panjang dengan Indonesia. Saat penjajahan Belanda di tanah air, banyak warga negara Indonesia dikirim ke negara di Amerika Selatan itu. Di Suriname tinggal sekitar 75 ribu orang Jawa dan dibawa ke sana dari Hindia Belanda antara tahun 1890-1939. 

Maka tak heran banyak warga Suriname yang pandai berbahasa jawa. Belakangan juga hebih di media sosial tentang kontes Putri Jawa Suriname 2022. Yakni, kontes kecantikan untuk perempuan keturunan Jawa atau Indonesia di Suriname telah dimulai rangkaian acaranya. 

Di akun Facebook resmi kontes tersebut yaitu Putri Jawa Suriname, terpampang poster berisi wajah para peserta yang akan berkompetisi. 

Salah satu sorotan tertuju kepada nama belakang para peserta yang sangat khas Jawa seperti Amatredjo, Ngadino, Katidjo, Kasdjo, Wirokarso, dan lain-lain. "Para bapak saha para ibu sing tak hormati, saka senenge ati kita, kita nyuguhake sing padha melu sayumbara Putri Jawa Suriname 2022. Mangga," bunyi caption unggahan tersebut, dikutip Kamis (14/7/2022). 

Artinya dalam bahasa Indonesia adalah, "Para bapak ibu yang saya hormati, dengan senang hati kami tampilkan para peserta yang mengikuti ajang Putri Jawa Suriname 2022." 

Sharon Pawiroredjo salah satu petinggi di organisasi yang menyelenggarakan Putri Jawa Suriname menerangkan, kontes ini kali pertama digelar pada 2002. 

Penyelenggaranya adalah Vereniging Herdenking Javaanse Immigratie (VHIJ), organisasi budaya Jawa terbesar di Suriname yang didirikan pada 1985 dan beranggotakan para imigran Jawa di sana. 

Sharon menuturkan, Putri Jawa Suriname 2022 adalah edisi kedua yang digelar setelah kali pertama pada 2002. "Setelah 20 tahun, organisasi kami merasa perlu untuk mengadakan kontes kecantikan spesial ini lagi. Setelah tantangan baru-baru ini dengan pandemi, akibatnya semua kegiatan (budaya) terhenti dan tidak banyak acara (budaya) untuk kalangan muda," katanya. 

Diajang ini, jelasbta, pihaknya menawarkan orang-orang muda sebagai wadah untuk menampilkan diri secara positif. Dia menerangkan, kontes Putri Jawa Suriname vakum sangat lama sampai 20 tahun karena saat itu ada banyak kontes kecantikan. Namun, saat ini hanya tinggal beberapa. Karena itu, ke depannya, VHJI berencana menggelar kontes Putri Jawa Suriname setiap dua tahun atau biennially. 

Dalam unggahan akun Facebook resmi Putri Jawa Suriname, terpampang 15 wajah peserta yang semua namanya memiliki unsur Jawa, contohnya Arantxa Amatredjo, Ariel Soemopawiro, Colleen Ngadino, Faith Kertokalio, Genelva Kartodikoro, Leonie Katidjo, hingga Xavierra Mangoendinomo. 

Adapun untuk penambahan "Putri" di depan nama semua peserta adalah sebagai penanda bahwa mereka berkompetisi di Putri Jawa Suriname, sama seperti format di kontes kecantikan lainnya. 

Putri Jawa Suriname 2022 saat ini masih berlangsung. 15 besar kontestan terpilih dari wawancara dan presentasi pada bulan Mei lalu tengah mempersiapkan diri dengan mengikuti sejumlah pelatihan yang disediakan VHIJ. Sebelum malam final yang digelar pada bulan September, mereka tengah melakukan latihan terkait kemampuan komunikasi, sosial, budaya, juga bahasa. 

Finalis yang nantinya terpilih sebagai ratu kecantikan Putri Jawa Suriname 2022 akan mendapat hadiah uang tunai. Pemenang juga akan mendapatkan paket berupa beasiswa dan produk kecantikan dari Mustika Ratu hingga kesempatan pemotretan. (tim redaksi) 

#suriname
#orangjawadisuriname
#konteskecantikan
#putrijawasuriname
#putrijawasuriname2022

Tidak ada komentar