Breaking News

Tujuh Makanan Khas Papua Penggugah Selera yang Wajib Dicoba

Papeda dengan ikan kuning, salah satu makanan khas Papua yang terkenal hingga mancanegara. Foto: net

WELFARE.id-Makanan khas Nusantara sejak dulu terkenal menggugah selera. Di setiap tempat pasti memiliki makanan khas yang wajib dicoba bila berkunjung ke daerah setempat. 

Salah satunya daerah yang punya makanan khas adalah Papua. Daerah yang berada di ujung timur Indonesia ini memiliki makanan khas terkenal yaitu papeda. Tak hanya di Tanah Air, kuliner yang terbuat dari sagu ini juga cukup populer di mancanegara. 

Selain papeda, Papua juga memiliki beragam makanan khas yang lezat dan menggugah selera. Penasaran apa saja makanan khas Papua? Beberapa kuliner di bawah ini yang akan membuat Anda ketagihan dan semakin jatuh cinta dengan makanan khas Papua.

1. Ikan Bakar Manokwari
Makanan khas Papua yang wajib Anda coba yang pertama ialah ikan bakar Manokwari. Kuliner satu ini sangat cocok bagi Anda yang hobi makan pedas. Ikan yang digunakan dalam pembuatan makanan khas ini yaitu ikan tongkol yang diberi bumbu-bumbu gurih dan sangat pedas.

Ciri paling khas dari masakan ikan bakar Manokwari ini terletak pada bumbu tabur berupa sambal giling kasar dan disajikan mentah. Rasanya yang gurih dan pedas, menjadikan makanan khas ini tidak boleh Anda lewatkan apabila berkunjung ke Papua.

2. Kue Lontar
Selain ikan bakar Manokwari, makanan khas Papua yang tidak kalah lezatnya ialah kue lontar. Konon penamaan kue lontar berasal dari bahasa Belanda yaitu londtart yang berarti kue bundar.
Rasanya yang lembut dan renyah membuat kudapan ini sangat cocok disantap saat berkumpul bersama keluarga.

3. Papeda
Salah satu makanan khas Papua yang paling terkenal ialah Papeda. Kuliner yang terbuat dari bahan dasar sagu ini menjadi makanan pokok yang sering dikonsumsi masyarakat Papua. Rasanya yang tawar, membuat papeda sangat cocok disajikan dengan ikan bakar Manokwari.

Makanan tradisional ini juga kerap dihidangkan dalam acara-acara penting di wilayah Papua, Maluku, dan sekitarnya. Bahkan masyarakat Papua begitu menghormati makanan yang berasal dari sagu ini lebih hanya sekadar kuliner lezat. Tak heran, papeda menjadi salah satu kuliner Nusantara yang sangat istimewa.

4. Sagu Lempeng
Makanan khas Papua yang wajib Anda coba berikutnya ialah sagu lempeng. Makanan ini cocok disantap sebagai camilan saat menikmati segelas teh hangat. Sagu lempeng juga sangat mudah ditemui di pasar yang menyediakan jajanan atau cemilan.

Sagu yang berbentuk lempengan berwarna merah pucat kecokelatan ini juga sering disebut sagu rumbia. Teksturnya yang sedikit keras namun renyah menjadikan sagu lempeng cocok Anda nikmati saat bersantai bersama keluarga. Jika berkunjung ke Papua, cemilan yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan sebagai oleh-oleh.

5. Udang Selingkuh
Udang selingkuh merupakan makanan khas Papua yang cukup populer di Tanah Air. Makanan khas ini banyak ditemui di wilayah Papua Barat. Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar udang yang memiliki ukuran besar dengan capit seperti kepiting, sehingga dinamakan udang selingkuh.

Rasanya yang lezat dan gurih, membuat udang selingkuh menjadi salah satu menu favorit masyarakat Papua. Bagi Anda yang berkunjung ke Papua sebaiknya tidak melewatkan makanan yang selalu menggugah selera ini.

6. Aunu Sanebre
Aunu sanebre merupakan makanan khas Papua yang berbahan dasar nasi dan ikan teri. Biasanya nasi dan teri akan digoreng kemudian dicampurkan dengan irisan daun talas dan parutan kelapa. Setelah itu, campuran beberapa bahan tersebut akan diolah dengan cara dikukus.

Makanan khas unik satu ini tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Papua. Rasanya yang gurih dan lezat, akan membuat Anda semakin jatuh cinta dengan kuliner khas Tanah Cendrawasih ini.

7. Sambal Colo-Colo
Bagi pecinta kuliner pedas, sambal colo-colo wajib Anda coba jika berkunjung ke Papua. Rasanya yang pedas dan sedikit asam, membuat sambal ini cocok disantap bersama ikan bakar.
Sensasi pedas dan asam pada sambal colo-colo dijamin membuat nafsu makan Anda akan bertambah. (tim redaksi)


#kulinernusantara
#papua
#makanankhas
#papeda
#makanandaerah
#wajibdicoba
#wisatakuliner

Tidak ada komentar