Breaking News

Timbangan Bukan Patokan, Ini Dia Cara yang Benar Ukur Berat Badan Ideal

Ilustrasi 

WELFARE.id-Meski ukuran tubuh setiap orang berbeda-beda, namun tentunya banyak yang ingin memiliki berat badan ideal. Memiliki berat badan ideal tidak berbicara tentang mengikuti tren atau standar bentuk tubuh tertentu, namun lebih mengacu pada kondisi tubuh yang sehat. Untuk mewujudkannya, Anda perlu mengetahui cara menghitung berat badan ideal. 

Memiliki berat badan ideal merupakan hal yang penting, karena berat badan berlebih atau obesitas berbahaya bagi kesehatan. Demikian halnya dengan berat badan yang terlalu ringan, karena berdampak tidak baik bagi kesehatan. Selain sehat dan terlihat menarik, memiliki berat badan ideal memungkinkan Anda untuk beraktivitas dan berkarya lebih optimal. Nah, rupanya mengukur berat ideal dengan patokan timbangan tidak terlalu tepat. 

"Angka timbangan bukan patokan baku untuk berat badan ideal. Karena harus beberapa cara untuk pengukuran komposisi tubuh," kata Nutritionist Herbalife, Lilis Heryati disela Healthy Active Lifestyle (HAL) Challenge 2022 bersama Herbalife, dikutip Jumat (15/7/2022). 

Ia menerangkan, beberapa cara untuk pengukuran komposisi tubuh, yakni : 

Metode pertama adalah Body Mass Index atau BMI. BMI merupakan cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. Selain itu, cara ini juga didasarkan pada usia dan dapat digunakan oleh seseorang yang sudah berusia 20 tahun atau lebih. Sedangkan, untuk usia di bawah 20 tahun tidak dianjurkan. 

"Melalui penggunaan kalkulator BMI, maka akan diketahui apakah seseorang termasuk dalam kategori berat badan ideal atau tidak. Meski demikian, cara ini dapat menimbulkan kesalahpahaman bagi atlet yang banyak melakukan aktivitas fisik," jelasnya. 

Hal ini dikarenakan berat badan juga berasal dari massa otot, sehingga atlet bisa dinyatakan memiliki berat badan berlebih, namun sebenarnya tidak. Untuk menghindari kesalahan dalam menggunakan kalkulator BMI, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui: 

• Angka BMI normal berada pada kisaran 18,5-25. 

• Jika angka BMI di atas 25, berarti Anda memiliki berat badan berlebih. 

• Sebaliknya, jika angka BMI di bawah 18, berarti berat badan Anda kurang. 

• Jika angka BMI di atas 40, sebaiknya dilakukan penanganan segera, karena angka ini menunjukkan tanda bahaya bagi kesehatan. 

Metode perhitungan: 

Berat badan ideal = Berat badan (kilogram) : Tinggi badan (meter) 

Sebagai contohnya, jika berat badan Anda 47 kilogram dan tinggi badan 1,63 meter, nilai BMI Anda adalah 47:(1,63)=17.8. Angka tersebut menandakan berat badan Anda termasuk di bawah rata-rata 

Cara kedua yakni, mengukur lingkar pinggang. Idealnya lingkar pinggang pria kurang dari 90 sentimeter. Sedangkan perempuan kurang dari 80 sentimeter. 

Yang paling bagus yakni menggunakan alat bio impedansi. Dengan alat ini, kita bisa mendeteksi mulai dari tinggi badan, berat badan, kadar lemak tubuh, total air dalam tubuh, massa otot, massa tulang, rating fisik, basal metabolic rate, umur metabolis, dan rating lemak visceral. 

Selanjutnya, jika ingin berdiet, yang diperlukan adala meal plan chart. "Yang terpenting adalah kepatuhan mengatur asupan makanan dan pola hidup," katanya. 

Selain makanan kita juga harus rajin olahraga. "Olahraga 3-5 kali perminggu dengan durasi sekitar 30 menit. Nggak harus yang berat, pilih yang disukai. Jangan langsung diforsir, lakukan perlahan, lalu dilanjutkan ada peningkatan durasi," tuturnya. 

Kemudian, lanjutnya, yang penting adalah sarapan tidak boleh dilewatkan. "Namun sarapannya harus sehat. Cukup protein, perbanyak sayur dan buah. Anjurannya min 5 porsi. Perhatikan asupan GGL gula 50 gram (4 sdm), garam 1 sdt minyak 5 sdm. Jaga hidrasi. Minun 8 gelas air sehari. Cukup istirahat dan kelola stress," imbuhnya. 

Sementara itu, Senior Director and Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan Herbalife Nutrition meyakini bahwa hidup sehat itu dibangun dari keseimbangan nutrisi dan olahraga teratur. 

“Melalui ajang HAL Challenge 2022 kami ingin mengajak teman-teman media untuk membiasakan diri mengkonsumsi nutrisi yang baik. Termasuk, membiasakan diri untuk bergerak dan berolahraga secara teratur. Sesuai komitmen kami untuk terus mendorong masyarakat Indonesia untuk perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat dalam jangka waktu yang panjang,” ujarnya. (tim redaksi) 

#beratbadanideal
#caramengukurberatbadanideal
#HealthyActiveLifestyleChallenge2022
#herbalife
#tantangansehat

Tidak ada komentar