Breaking News

Suhu Panas 40 Derajat Celsius Landa Tiongkok, Satu Warga Meninggal dan 24 Orang Terluka

Siaran televisi Suzhou, Tiongkok, menunjukkan warga memakai payung saat beraktivitas di luar rumah di Provinsi Jiangsu akibat suhu panas. Foto: net

WELFARE.id-Gelombang panas melanda Tiongkok (China, Red). Sejumlah kota yang ada di Provinsi Sichuan dan Zheijiang disergap suhu panas hingga 40 derajat celcius. 

Akibat serangan panas itu mengakibatkan satu orang meninggal dan 24 orang lainnya luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit Rabu (13/7/2022). Rumah Sakit Universitas Sichuan yang berlokasi di bagian barat ibu kota Sichuan, Chengdu, menyatakan menerima dua pasien akibat suhu panas di sana. 

Satu pasien menderita kegagalan fungsi sejumlah organ di tubuhnya, seperti diberitakan Red Star News via Global Times. Gelombang panas itu juga menyebabkan satu warga kritis termasuk kegagalan fungsi organ dan pendarahan saluran pencernaan serta bagian tubuh lainnya. 

Wakil Direktur RS China Barat Yu Haifang, menerangkan gejala itu tampak beberapa jam setelah pasien mengalami serangan gelombang panas.

Korban kemudian mengalami masalah pernapasan akut dan henti jantung ketika dipindahkan ke RS China Barat hingga meninggal di sana usai pertolongan darurat dari petugas medis.

Sementara itu, dua pasien kritis lainnya masih dalam perawatan intensif di unit gawat darurat (ICU). Kedua pasien itu mengalami gangguan pembekuan dan kegagalan sejumlah organ.

Mereka harus menjalani cuci darah, perawatan hati, dan perawatan medis lainnya. Tiga pasien tersebut merupakan lelaki berusia 20, 40, dan 60-an tahun. Dua pasien terkena serangan gelombang panas di luar ruangan, sementara pasien tertua terkena gelombang panas ketika tengah memasak di dapur.

Gelombang panas bukan hanya 'memanggang' Sichuan yang notabene wilayah yang cukup hangat. Sejumlah kota di wilayah selatan China juga mengalami gelombang panas.

Sejauh ini tercatat 26 kasus gelombang panas yang dilaporkan di Kota Yuyao di wilayah timur Provinsi Zhejiang, China.

Suhu rata-rata di wilayah China yang terserang gelombang panas parah bisa mencapai 40 derajat celsius. (tim redaksi)

#tiongkok
#gelombangpanas
#provinsisichuan
#provinsizheijiang
#panasekstrem

Tidak ada komentar