Breaking News

Stok Melimpah, Mendag Zulhas Pertimbangkan Hapus Aturan DMO CPO

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Beralasan untuk mengangkat harga tandan buah segar (TBS) sawit yang terpuruk, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bersama jajarannya mengaku tengah mempertimbangkan mencabut aturan domestic market obligation (DMO) dan domestic price obligation (DPO) untuk mempercepat ekspor minyak sawit dan mengangkat harga TBS.

Dalam kunjungannya di Pasar Cibinong, Bogor, Jawa Barat, menteri yang akrab disapa Zulhas itu mengatakan untuk mengangkat harga tandan buah segar (TBS) sawit jadi perlu kelancaran ekspor crude palm oil (CPO).

”Tugas saya sekarang, Mendag bersama menteri terkait diperintah oleh Bapak Presiden agar kami bekerja keras melakukan segala upaya agar harga tandan buah segar harus bisa di atas Rp2.000 (per kilogram),” ujar Zulhas usai meninjau harga bahan pokok di Pasar Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat pagi (22/7/2022).

Untuk itu, selain penghapusan pungutan ekspor dalam sementara waktu, Zulhas mengaku tengah mempertimbangkan penghapusan DMO dan DPO mengingat stok CPO di tangki perkebunan masih penuh.

”Saya sedang pertimbangkan, saya akan ketemu dulu (dengan pengusaha), kalau teman-teman pengusaha sudah komitmen untuk memenuhi DMO dan DPO itu untuk dalam negeri, mungkin saya pertimbangkan DMO dan DPO tidak perlu lagi agar ekspor bisa cepat,” papar juga Ketua Umum PAN tersebut.

Dalam percepatan pengosongan tangki dan mengangkat harga TBS, pemerintah setidaknya telah memberikan kemudahan seperti penghapusan pungutan ekspor hingga 31 Agustus 2022. 

Selain itu Mendag Zulhas juga menyampaikan bahwa rasio pengali ekspor sawit yang semula 1:5 kini hampir mencapai 1:9. ”Jadi kalau 1.000 ton dalam negeri, dia dapat ekspor 8.400 ton, hampir 1:9, sudah sangat mudah,” katanya juga.

Meski sudah melakukan berbagai cara, kesulitan pengusaha saat ini yaitu ketersediaan kapal pengangkut untuk mengirimkan sawit ekspornya ke luar negeri.

”Memang logistiknya (bermasalah), tetapi ini juga pasti kami bantu untuk membantu pengusaha sawit,” ungkap Zulhas juga. (tim redaksi)


#sawit
#tandanbuahsegar
#tbs
#kementerianperdagangan
#menteriperdagangan
#zulkiflihasan
#dmo

Tidak ada komentar