Breaking News

Sinyal 3G di Jakarta Lenyap Lebih Dulu, Bodetabek dan Jawa Bali Menyusul

Kartu 3G Telkomsel migrasi ke 4G. Foto: Ilustrasi/ Dok.Telkomsel

WELFARE.id-Telkomsel sudah menonaktifkan sinyal 3G secara bertahap sejak Maret 2022. Pihaknya mulai melakukan upgrade layanan 3G ke 4G di 50 kabupaten/kota secara bertahap di Jawa dan Bali.

Ditargetkan sampai akhir tahun ini sinyal 3G Telkomsel tuntas dinonaktifkan. Hal tersebut sebagai upaya mematuhi aturan yang ditetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate beberapa waktu lalu. 

Diketahui, penghapusan jaringan 3G sudah dimulai sejak awal tahun ini oleh Telkomsel. Sejumlah provider lainnya juga menyusul. 

Hal ini dilakukan untuk menghemat frekuensi. Pasalnya, 3G dan 4G memiliki fungsi sejenis, yakni terkait data, meski kecepatannya berbeda. Sementara, layanan 2G masih dipertahankan karena cuma melayani jaringan telepon seluler dan SMS. 

Sebagai gantinya, pelanggan diminta untuk segera menukarkan kartu SimCard ke Grapari terdekat. Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Jawa Bali Riny Novitriyanti menjelaskan, dengan demikian, penggunaan frekuensi oleh operator seluler dapat difokuskan untuk pengembangan dan peningkatan kualitas 4G agar lebih cepat.

Ia menyebut, penonaktifkan secara permanen dijadwalkan mulai tanggal 20 Juli 2022 sebagai upaya perluasan pemerataan layanan 4G. Lalu, dipastikan tidak akan tersedia kembali jaringan atau sinyal 3G di Jatim. 

"Sebelum tanggal itu, akan ada proses penonaktifan 3G di beberapa kota, seperti Surabaya, Bangkalan, Madiun, Magetan, Mojokerto, Kediri, Sampang, Ngawi, Pacitan, Pasuruan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan Pamekasan," sebutnya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (15/7/2022).

Untuk jadwal pengalihan layanan, kata dia, dapat diakses melalui laman Telkomsel. Sebab prosesnya secara kondisional atau bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kesiapan masing-masing wilayah.

"Di Jatim, kami terus secara masif melakukan edukasi dan sosialisasi kepada pelanggan 3G tentang upgrade layanan ke 4G. Mereka yang masih menggunakan gawai 3G juga harus segera mengganti dengan gawai 4G karena untuk bisa bermigrasi ke 4G harus menggunakan gawai 4G," sarannya.

Jaringan 3G Telkomsel di seluruh wilayah DKI Jakarta sudah lebih dulu dinonaktifkan sejak 6 Juli lalu. Warga pun fokus pada jaringan 4G yang diklaim lebih kencang untuk 'internetan'.

Telkomsel juga akan mematikan jaringan 3G di Bandung, Bekasi, Bogor, Tangerang Selatan, Depok, Jogjakarta, hingga Surabaya pada 20 Juli 2022. 

"Setelah mengakselerasi jaringan 4G di Jakarta Timur, Telkomsel kembali mendorong pemerataan 4G di seluruh wilayah Jakarta meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat," lanjut keterangan itu. 

General Manager Consumer Sales Region Central Jabotabek Telkomsel Anandoz Bangsawan mengatakan, pihaknya sudah mempermudah warga dengan pergantian kartu di gerai-gerai. 

"Dukungan ini juga kami maksimalkan dengan kemudahan yang dihadirkan untuk mengganti kartu 3G ke 4G. Pelanggan  mengunjungi GraPARI terdekat dan membawa KTP, kami membantu proses penggantian kartu 4G hingga tuntas tanpa dipungut biaya," kata dia, dalam siaran pers, kala itu. (tim redaksi)

#sinyaltelkomsel
#grapari
#migrasi3Gke4G
#migrasitelkomsel
#internetankencang
#provider
#telkomsel
#sinyal3Gdinonaktifkan

Tidak ada komentar