Breaking News

Simpel Tapi Kaya Rempah, 3 Masakan Khas Bali Ini Pas Buat Ide Bisnis Kuliner Rumahan

Nasi campur bali. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Bisnis kuliner selalu punya pasar tersendiri. Makanan enak pasti diburu masyarakat.

Apalagi, kita memiliki ragam kuliner Nusantara yang variatif. Kalau mau dikulik satu per satu juga tidak akan habis untuk jadi ide bisnis kuliner.

Nah, untuk kali ini, kita akan coba melihat prospek kuliner dari Bali yang bisa dengan mudah dipelajari dan bisa menjadi ide berbisnis rumahan atau kaki lima. Cari yang simpel dan mudah dalam hal bahan, cara mengolah, dan penyajian.

Ada 3 makanan khas Bali yang mempunyai rasa unik dan mudah dibuat untuk dijadikan usaha kuliner kaki lima.

1. Sate Lilit

Sate lilit biasanya dibuat dari daging babi, ikan, ayam, daging sapi, atau bahkan kura-kura yang dicincang. Lalu daging itu dicampur dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah, dan merica.

Daging cincang yang telah berbumbu dilekatkan pada sebuah bambu atau tebu, kemudian dipanggang di atas arang. Tidak seperti sate lainnya yang dibuat dengan tusuk sate yang sempit dan tajam, tusuk sate lilit berbentuk datar dan lebar.

Sate lilit dan sate ikan yang asli kaya akan campuran rempah-rempah. Di Bali, hampir setiap hidangan dibumbui dengan bumbu megenep, campuran rempah-rempah, mulai dari daun jeruk, santan, bawang putih, bawang merah, lengkuas, ketumbar, kunyit dan cabai.

2. Rujak Buleleng

Rujak buleleng biasanya berisi variasi kedondong, ubi jalar, mangga, pepaya, bengkuang, nanas, mentimun, dan pisang batu. Semua bahan lalu dicampur dengan bumbu ulek khas yang terbuat dari gula Bali, terasi, cabai rawit dan garam.

3. Nasi Campur Bali

Secara umum, nasi campur ini salah satu masakan khas Indonesia. Makanan ini terdiri atas nasi putih yang dihidangkan dengan bermacam-macam lauk-pauk. 

Lauk yang digunakan adalah sambal goreng, abon, serundeng, tahu goreng, ikan goreng, telur, dan lain-lain. Khusus nasi campur Bali, isinya biasanya tuna bakar, tahu goreng, mentimun, bayam, tempe, daging sapi, kari sayur, jagung, dan sambal di atas nasi. (tim redaksi)

#idebisniskuliner
#kuliner
#kulinernusantara
#masakantradisionalbali
#nasicampurbali
#satelilit
#rujakbuleleng

Tidak ada komentar