Breaking News

Sempat Diblokir, PayPal Bisa Digunakan Sementara, Pengguna Disarankan Segera Tarik Dana

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id-Sempat memblokir, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akhirnya membuka status blokir pada aplikasi PayPal sejak pukul 08.00 WIB. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan berharap masyarakat bisa menggunakan kembali aplikasi tersebut. "Mendengarkan masukan masyarakat khususnya aplikasi paypal yang banyak digunakan masyarakat ini kami menegaskan. 

Kami sudah memberikan kebijakan yang mana kami sudah membuka sementara per jam 8 pagi tadi sudah kami buka sementara," jelasnya saat konferensi pers, Minggu (31/7/2022) 

"Mungkin sekarang pun sudah bisa diakses kembali paling lambat jam 10.00 WIB," tambahnya. 

Dalam pembukaan sementara ini diharapkan pengguna memindahkan segera uangnya yang berada di PayPal. Pemerintah memberikan waktu lima hari kerja untuk pembukaan akses sementara ini, mulai hari Senin hingga Jumat. 

"Manfaatkan itu untuk migrasi sudah banyak aplikasi yang digunakan. Kita sudah punya layanan layanan digital untuk pembayaran. Silahkan migrasi sistem pembayaran yang digunakan," ujarnya. 

Sebagai informasi, kebijakan pemblokiran sejumlah situs, terutama sejumlah situs gaming, karena belum mendaftar ke penyelenggara sistem elektronik (PSE) mendapat sorotan tajam warganet. Selain game, platform layanan keuangan PayPal turut terdampak aturan ini karena mereka tidak mendaftar sampai tenggat waktu yang diberikan.  

PayPal biasanya digunakan untuk transfer dana dari luar negeri, sejumlah pekerja lepas dan kreator konten memanfaatkan layanan ini untuk menerima pembayaran pekerjaan mereka. 

Akibatnya, ketika PayPal tidak bisa diakses, mereka mengeluh di media sosial karena masih memiliki sejumlah dana yang belum dicairkan. Semuel menjelaskan bahwa setiap negara memiliki aturan soal layanan keuangan. 

Di Indonesia, layanan keuangan perlu mendapatkan izin dari Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan. "Itu (diatur) undang-undang, bukan peraturan menteri. Ada mekanisme supaya mereka mendaftar," kata Semuel. 

PayPal sendiri telah digunakan oleh lebih dari 400 juta pengguna aktif di 200 negara dari seluruh dunia, PayPal juga dapat digunakan untuk 100 jenis mata uang yang berbeda. Di Indonesia, PayPal juga cukup terkenal karena cakupan jaringannya yang sangat luas. (tim redaksi

#paypal
#paypaldiblokir
#kominfo
#pse
#blokirpaypaldibuka
#aplikasipembayaran

Tidak ada komentar