Breaking News

Sembilan Destinasi Wisata Indonesia yang Terkenal di Dunia

Wisatawan bermain di pantai di Labuan Bajo, NTT yang sangat indah. Foto: net

WELFARE.id-Destinasi wisata di Tanah Air memang sudah terkenal baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Wisata itu memiliki keindahan alam dan budaya yang menawan. 

Jadi jangan heran, beberapa bintang Hollywood pun pernah menikmati keindahan wisata di Tanah Air. 

Kebudayaan asli Indonesia dengan berbagai suku dan tradisi cukup memikat wisatawan dari berbagai wilayah di dunia. 

Banyak sekali rekomendasi wisata di Indonesia yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata berupa dataran tinggi hingga wisata dengan lautan yang indah. Penasaran apa saja rekomendasi wisata di Indonesia yang terkenal mendunia? Berikut rekomendasinya: 

1. Labuan Bajo, NTT
Labuan Bajo menjadi salah satu wisata di Indonesia yang menjadi impian sebagian besar orang. Destinasi ini menghadirkan berbagai paket wisata yang lengkap, mulai dari destinasi bahari hingga darat.

Labuan Bajo merupakan wilayah yang masuk dalam daftar 5 destinasi wisata super prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Destinasi ini sangat terkenal dengan kawasan habitat hewan endemik, yaitu komodo, tepatnya di Taman Nasional (TN) Komodo.

Selain Taman Nasional Komodo, wisatawan juga bisa menikmati berbagai jenis destinasi menarik di Labuan Bajo, di antaranya Pulau Padar, Pulau Kelor, Bukit Cinta, Pulau Manjerite, dan lain sebagainya. 

2. Raja Ampat, Papua Barat
Nama Raja Ampat pasti sudah tidak asing. Pasalnya, daya tarik Raja Ampat tak hanya diminati oleh wisatawan lokal saja, tetapi juga sudah menarik hati para wisatawan dari berbagai belahan dunia lainnya. Lantaran Raja Ampat dikenal juga dengan sebutan ’surga’ tersembunyi di timur Indonesia.

Raja Ampat merupakan kepulauan yang terdiri dari lebih dari 1.500 pulau kecil, gundukan pasir, dan beting yang mengelilingi 4 pulau utama, yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Melansir The Nature Conservancy Indonesia, sekitar 75 persen spesies laut dunia hidup di Raja Ampat. Tak heran jika wilayah ini menjadi salah satu wisata terbaik di Indonesia. 

3. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur
Jika Papua memiliki surga tersembunyi di Raja Ampat, Kalimantan Timur justru memiliki surga tersembunyi di Kepulauan Derawan. Keindahan Pulau Derawan tak sebatas pada pasir pantai yang putih dan air laut yang sangat jernih, tetapi juga destinasi bawah lautnya pun tak kalah menawan.

Kepulauan Derawan menjadi salah satu wisata di Indonesia yang menyuguhkan pengalaman menarik bagi wisatawan yang ingin menyelam atau snorkeling karena ingin melihat ubur-ubur air tawar di Pulau Kakaban. Selain itu, ada pula danau labuan cermin yang sangat indah, serta destinasi menyelam lainnya untuk melihat whale shark atau hiu paus.

4. Candi Borobudur, Jawa Tengah
Candi Borobudur menjadi salah satu warisan budaya yang menjadi kebanggaan Indonesia. Candi Borobudur termasuk destinasi yang lebih mudah dijangkau oleh banyak kalangan. Itulah sebabnya, destinasi ini masih menjadi favorit banyak kalangan.

Di balik kemudahan itu, Candi Borobudur juga menyimpan beragam sejarah yang unik sehingga menjadi salah satu wisata di Indonesia yang populer di mata dunia. Candi Borobudur merupakan monumen Budha terbesar di dunia, sebuah situs kuno yang masuk ke dalam 7 keajaiban dunia.

5. Gunung Rinjani, NTB
Gunung Rinjani termasuk salah satu wisata di Indonesia yang menjadi impian bagi sebagian besar pendaki. Nama gunung rinjani semakin dikenal setelah menjadi salah satu latar tempat pada film berjudul 5 cm. Sejak saat itu, namanya kian dikenal hingga populer di mata dunia.

Gunung rinjani menjadi bukti bahwa wisata di Indonesia tak hanya bahari atau laut saja, tetapi juga menyuguhkan keindahan pegunungan yang menawan. 

6. Gili Trawangan, NTB
Di Nusa Tenggara Barat, ada pantai yang membentang dengan indah dan eksotis. Gili Trawangan menjadi salah satu wisata di Indonesia yang favorit, letaknya di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. 

Gili Trawangan identik dengan penangkaran penyu-penyu kecil atau tukik yang nantinya akan dilepas ke habitat asalnya, jika sudah dewasa. Itulah sebabnya, wisatawan yang berlibur di sana dapat dengan mudah melihat penyu-penyu saat sedang menyelam atau snorkeling.

7. Tana Toraja, Sulawesi Selatan
Tempat wisata yang satu ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi daya tariknya. Mulai dari wisata kebudayaan hingga wisata alam, semuanya hadir di Tana Toraja dengan keindahan dan keunikan sendiri yang tidak dimiliki oleh destinasi lain.

Maka dari itu, Tana Toraja menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang sangat populer di mata dunia. Satu hal yang membuat wisatawan lokal maupun mancanegara tertarik berkunjung ke sini, yaitu kentalnya budaya nenek moyang yang masih menjadi tradisi dan dilakukan hingga saat ini.

8. Pulau Sumba, NTT
Beberapa tahun terakhir, Pulau Sumba menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang semakin dilirik oleh wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah karena keindahan Pantai Nihiwatu. Daya tarik pantai ini semakin dilirik oleh banyak orang berkat sebagian artis Indonesia yang memilih liburan di sana.

Di Pantai Nihiwatu, banyak resort eksklusif yang menyuguhkan kenyamanan, ketenangan, dan keindahan kepada para tamu. Di sana wisatawan bisa merasakan menunggangi kuda yang berjalan di pinggir pantai. 

Selain itu, ada banyak destinasi di Pulau Sumba yang bisa dikunjungi, mulai dari Bukit Lendongara, Bukit Tenau, Pantai Marosi, Kampung Adat Waru Wora, dan masih banyak lagi destinasi lainnya. 

9. Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Satu lagi destinasi wisata di Indonesia yang paling ikonik, yaitu Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara. Wakatobi terkenal akan keindahan bawah laut dan biota lautnya yang beragam. Wakatobi memiliki 4 pulau dengan keindahan yang sangat menawan, di antaranya Pulau Binongko, Kaledupa, Tomia, dan Wangi-wangi. Bukan rahasia lagi jika kepulauan Wakatobi menjadi salah satu tempat menyelam dan snorkeling terbaik di dunia. 

Selain tempat yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak tempat wisata di Indonesia yang sudah dikenal di mata dunia, seperti Nusa Penida di Bali, Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara, Pantai Parang Tenggiri di Bangka Belitung, Kawah Ijen di Jawa Tengah, dan lain sebagainya. Jadi, jika ingin liburan lebih baik di Tanah Air saja dan jangan jauh-jauh ke luar negeri. (tim redaksi)


#destinasiwisata
#wisatawan
#wisataalam
#wisatalaut
#wisatabudaya
#indonesiaindah
#turisasing

Tidak ada komentar