Breaking News

Salat Idul Adha di Masjid Dibatasi 50 Persen, Bupati Tangerang: Cegah Penularan Corona

Pelaksanaan salat Idul Adha 1442 Hijriah atau tahun 2021 lalu yang digelar di Kabupaten Tangerang. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Pelaksanaan salat Idul Adha 1443 Hijriah akan dilaksanakan dua kali yakni Sabtu (9/7/2022) dilakukan oleh warga Muhammadiyah dan Sabtu (9/7/2022) oleh masyarakat yang mengikuti penetapan pemerintah. 

Tapi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang saat salat Idul Adha 2022 ini mengeluarkan imbauan yakni membatasi 50 persen kapasitas masjid.

"Kalau pelaksanaannya salat Idul Adha di ruang terbuka kita persilakan, tetapi kalau di ruang tertutup atau masjid harus 50 persen dari kapasitas," ujar Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Jumat (8/7/2022).

Ia juga mengatakan pembatasan kapasitas jumlah jemaah di dalam ruang tertutup atau masjid itu dilakukan untuk mencegah terjadi penumpukan yang dapat memunculkan penularan COVID-19. 

”Jadi, kita tetap perbolehkan untuk salat Idul Adha tapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat," terangnya juga. Zaki juga menyampaikan jajaran Pemkab Tangerang saat ini telah menyiapkan beberapa persiapan menyambut pelaksanaan ibadah Idul Adha tersebut. 

Salah satunya, kembali memperketat dan menyiapkan fasilitas penerapan protokol kesehatan (prokes) seperti tempat cuci tangan, masker, alat pengukur suhu tubuh dan sterilisasi masjid menggunakan cairan atau penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah pelaksanaan ibadah.

"Dalam pelaksanaan pembagian hewan kurban usai proses penyembelihan juga diperketat pelaksanaan sesuai protokol kesehatan," ujar juga bupati dua periode tersebut. 

Zaki menambahkan terkait dengan pelaksanaan takbir keliling, pihaknya bersama penegak hukum terkait tetap melarang masyarakat Kabupaten Tangerang untuk menggelar takbir keliling.

”Larangan takbir keliling pasti ada, nanti saya bersama pak Kapolres akan memberikan imbauan dan patroli pada saat malam takbiran," cetus juga ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta ini. (tim redaksi)


#iduladha1443hijriah
#salatiduladha
#lebaranhaji
#protokolkesehatan
#prokes
#bupatitangerang
#ahmedzakiiskandar

Tidak ada komentar