Breaking News

Rantai Pasokan Pupuk dan Pangan Dijamin Putin, Jokowi: Ini Sebuah Berita Baik

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis (30/6/2022) waktu Moskow. Foto: Istimewa/ Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

WELFARE.id-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis (30/6/2022) sore waktu setempat. Dalam pertemuan itu, keduanya berdiskusi soal masalah terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk. 

Jokowi menyatakan, terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk bisa berdampak kepada ratusan juta masyarakat dunia, terutama di negara berkembang. 

"Saya mendukung upaya PBB reintegrasi komoditas pangan dan pupuk Rusia dan komoditas pangan Ukraina dalam rantai pasok dunia. Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut," kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama di Istana Kremlin, dikutip Jumat (1/7/2022).

Jokowi merasa lega tentang adanya jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina dan Rusia. "Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia, ini sebuah berita yang baik,” ungkap orang nomor satu di Indonesia itu.

Di akhir pernyataannya, Jokowi kembali menegaskan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun, kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai dan rantai pasok pangan, pupuk, dan energi dapat segera diperbaiki. 

“Saya ajak seluruh pemimpin dunia untuk bersama kembali menghidupkan semangat multilateralisme, semangat damai, dan semangat kerja sama. Karena hanya dengan spirit ini perdamaian dapat dicapai,” tegasnya. (tim redaksi)

#presidenjokowidodo
#presidenvladimirputin
#istanakremlin
#misiperdamaian
#jaminrantaipasokanpupukdanpangan
#negaraberkembang
#presidenrusia

Tidak ada komentar