Breaking News

Rajin Sumbang Harta ke Yayasan Amal, Bill Gates Masih Orang Terkaya ke-4 Dunia

Bill Gates. Foto: Net

WELFARE.id-Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index pada Senin (18/7/2022), Bill Gates menjadi orang terkaya nomor 4 di dunia dengan total kekayaan bersih senilai USD113 miliar. Jika menggunakan kurs senilai Rp14.969, maka kekayaan bersih yang dimiliki pembuat perangkat lunak Microsoft itu adalah sebesar Rp1.691 triliun. Kekayaan milik Bill Gates terpantau naik USD644 juta. 

Namun, sepanjang tahun berjalan atau year-to-date (ytd), kekayaan bersih Bill Gates mengalami pengurangan sebesar USD24,8 miliar. Adapun di posisi pertama ditempati oleh bos Tesla, yaitu Elon Musk dengan total kekayaan bersih mencapai USD219 miliar. Mengekor di belakangnya, yakni pengusaha Jeff Bezos yang mempunyai total kekayaan bersih sebesar USD137 miliar. 

Tak mau ketinggalan, Bernard Arnault berada di posisi ketiga orang terkaya menurut Bloomberg, dengan kekayaan bersih mencapai USD128 miliar. Selanjutnya, di posisi kelima diisi oleh konglomerat multinasional pemilik Adani Group, Gautam Adani dengan kekayaan bernilai USD109 miliar. Bill Gates dan istrinya, Melinda mendirikan The Gates Foundation pada 2000. Dengan bantuan yayasannya, mereka berharap setiap orang dapat memiliki kesempatan untuk hidup sehat dan produktif. Apalagi, menurut Gates, krisis besar di abad ini menuntut setiap orang berbuat lebih banyak. 

Bill Gates dikenal sebagai pengusaha yang gemar berdonasi. Meski demikian, pria kelahiran Seattle, 28 Oktober 1955 itu masih menjadi orang terkaya yang berada di urutan ke-4. Total kekayaannya mencapai USD113 miliar. Bulan ini, Gates berencana menyumbang USD20 miliar atau sekitar Rp301,7 triliun ke yayasan amal. 

Sumbangan tersebut diberikan agar yayasannya dapat menghabiskan USD9 miliar atau sekitar Rp135,8 triliun pertahun untuk kegiatan amal hingga 2026. "Saya sangat bangga dengan peran yayasan dalam membantu memecahkan masalah besar seperti mencegah pandemi, mengurangi kematian anak, memberantas penyakit, meningkatkan ketahanan pangan serta adaptasi iklim, mencapai kesetaraan gender, dan meningkatkan hasil pendidikan," cuit Gates lewat akun Twitternya, @BillGates, dikutip Senin (18/7/2022). 

Menurut Forbes, walau sudah menyatakan akan menyumbang 17 persen kekayaan pada bulan ini, pemilik nama lengkap William Henry Gates III akan terus memberi sumbangan hingga hampir seluruh harta kekayaannya. Dia bahkan menyatakan akan hilang dari daftar orang terkaya di dunia. "Saya akan turun dan akhirnya hilang dari daftar orang terkaya di dunia," tegasnya. 

Bagi Gates, dia punya kewajiban untuk mengembalikan kepunyaannya ke masyarakat. Dia yakin kontribusinya dapat mengurangi penderitaan dan meningkatkan kehidupan banyak orang. (tim redaksi) 

#billgates
#microsoft
#orangterkayadidunia
#yayasanamalbillgates
#yayasanamal

Tidak ada komentar