Breaking News

Raih Kemenangan Perdana Liga 1, Persija Gilas Persis dengan Skor 2-1

Penyerang asing Persija Jakarta, Michael Krmencik merayakan golnya ke gawang RANS Nusantara FC pada laga pramusim 2022. Foto: Dok/Persija

WELFARE.id-Kemenangan perdana diraih Persija Jakarta saat gelaran kejuaraan sepakbola Liga 1 2022/2023. Skuad Macan Kemayoran mengalahkan Persis Solo dengan skor 2-1 pada pertandingan yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (31/7/2022). 

Persija yang jadi tuan rumah tampil agresif sejak pertandingan dimulai. Macan Kemayoran mendapat peluang pertama dari tendangan sudut di menit ketiga. Abimanyu mengambil sepak pojok tapi tidak ada pemain Persija yang bisa menyambut sehingga bola keluar lapangan.

Sejurus kemudian, Firza mendapat ruang di depan kotak penalti Persis. Ia sebetulnya punya peluang untuk melepaskan tembakan langsung ke gawang tapi ia memilih untuk mengumpan ke area kotak penalti. Riko menyambut umpan tersebut namun tandukannya masih terlalu lemah sehingga bola hanya mengarah keluar lapangan. 

Pada 10 menit pertama, Persija terus memberikan tekanan ke area pertahanan Persis. Tapi di menit ke-11 Persis akhirnya bisa memanfaatkan skema serangan balik cepat untuk mengancam gawang Persija. Namun kerja sama Samsul dan Messidoro masih bisa dibendung di area pertahanan dan sepakan lemah mampu diamankan oleh Andritany. 

Akhirnya, serangan yang dibangun Persija berhasil menciptakan ruang bagi Abimanyu untuk melepaskan tembakan langsung ke gawang. Namun, bola yang mengarah ke sisi kanan atas gawang masih bisa dihentikan oleh kiper Persis Riyandi. 

Begitu juga sepakan Maman saat menerima umpan dari tendangan sudut masih melambung di atas mistar gawang. Persija akhirnya berhasil memimpin pertandingan di menit ke-14. 

Berawal dari serangan di sisi kiri, Abimanyu berhasil melepaskan umpan terobosan kepada Behrens yang menyambut dengan satu sentuhan nutmeg melewati dua kaki Riyandi saat mencoba menggagalkan peluang tersebut. Skor pun berubah 1-0 untuk tim tuan rumah.

Persija tampak belum puas dengan keunggulan satu angka. Selain tidak membiarkan serangan Persis menembus area pertahanan, mereka juga masih mencari gol tambahan ke gawang Persis. Peluang dimiliki Persija di menit ke-25 saat Krmencik menerima umpan terobosan di sisi kiri dan mengumpan ke tengah gawang di mana Behrens menyambutnya dengan tandukannya tapi sayang belum maksimal.

Kemelut sempat terjadi di mulut gawang Persis di menit ke-33 dari tendangan sudut. Hansamu menerima umpan pojok dari Abimanyu tapi tendangannya berhasil diblokir dan percobaan lain di kotak penalti masih gagal. 

Persis akhirnya menyapu bola ke depan dan melancarkan serangan balik, tapi upaya di depan gawang oleh Samsul Arif masih bisa dihentikan oleh kiper Andritany.

Persija menggandakan keunggulan di menit ke-44. Gol kedua diciptakan oleh Frengky setelah ia menunjukkan skill individu menerobos area pertahanan Persija dan mendapat ruang tembak di area kotak penalti. 

Ia pun melepaskan tembakan langsung dengan kaki kirinya ke arah gawang untuk menggetarkan gawang Persis Solo. Skor sementara 2-0 untuk Persija.

Persis membuka babak kedua dengan melancarkan serangan cepat ke area pertahanan Persija. Persis akhirnya memperkecil keteringgalan di menit ke-48 saat Althaf berlari menembus sisi kiri Persija sebelum mengumpan kepada Samsul yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Persija. Skor berubah 1-2 bagi Persis.

Persis hampir menyamakan kedudukan saat Messidoro menerima umpan jauh saat berada dalam posisi onside. Ia hanya tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Andritany setelah mencoba menggocek bek Persija, namun tembakan dari jarak dekat berhasil diblokir oleh Andritany dan hanya menghasilkan tendangan sudut bagi Persis.

Tim berjuluk Laskar Sambernyawa terus menekan di sepuluh menit pertama babak kedua. Peluang kembali dimiliki oleh Messidoro ketika menerima umpan dari Althaf. Messidoro yang berada di depan kotak penalti langsung melepaskan tembakan keras dengan kaki kirinya ke arah gawang. 

Namun Andritany lagi-lagi melakukan penyelamatan penting untuk memblokir ancaman tersebut. Persija mendapatkan peluang emas di depan gawang Persis di menit ke-65. Itu tercipta dari kerja sama Firza dengan Riko di sisi kiri kotak penalti Persis. 

Firza memberikan umpan terbosan kepada Riko yang dikembali oleh Riko ke pada Firza di tengah kotak penalti, namun dua kali tembakan pemain berusia 23 tahun itu masih dapat diblokir dan percobaan ketiga justru melambung di atas mistar gawang. 

Selanjutnya pemain pengganti Persija, Abdulla Yusuf hampir mencetak gol pertamanya bagi Persija saat ia menerima umpan dari Riko di tengah kotak penalti Persis. Ia melepaskan tembakan setelah mengecoh satu pemain Persis, tapi sepakan kaki kirinya ke tiang dekat masih bisa diblokir oleh Riyandi. 

Pada menit ke-90 Persija kembali menekan gawang Persis. Riyandi melakukan penyelamatan penting dari tendangan keras Ferrari ke sudut kanan gawang saat menyelesaikan umpan dari Riko. Kedudukan tidak berubah setelah tambahan waktu tiga menit. Persija berhasil menang dengan skor 2-1 atas Persis.
 
Susunan pemain kedua tim:
 
Persija Jakarta: 
Andritany Adrhiyasa; Firza Andika, Maman Abdurrahman, Ondrej Kudela, Hansamu Yama, Frengky Missa; Hanif Sjahbandi, Syahrian Abimanyu, Hanno Behrens, Riko Simanjuntak; Michael Krmencik.
Pelatih: Thomas Doll 
 
Persis Solo: 
Muhamad Riyandi, Fabiano Beltrame, Jaimerson Xavier, Eky Taufik, Abduh Lestaluhu; Alexis Messidoro, Sutanto Tan, Taufiq Febriyanto, Zanadin Fariz; Althaf Alrizky, Samsul Arif.
Pelatih: Jacksen F Tiago. (tim redaksi)

#liga1
#persijajakarta
#persissolo
#menangperdana
#macankemayoran
#laskarsambernyawa 
#stadionpatriotcandrabhaga

Tidak ada komentar