Breaking News

Proficiat! Tim Pelajar Olimpiade Matematika Borong Medali di Norwegia

Pelajar peraih medali Olimpiade Matematika di Oslo, Norwegia. Foto: Istimewa/ Kemendikbudristek

WELFARE.id-Kontingen pelajar Indonesia benar-benar membanggakan. Ditengah keterbatasan pembinaan akibat pandemi, tim pelajar Olimpiade Matematika Indonesia berhasil meraih medali dalam ajang Olimpiade Matematika Internasional atau International Mathematical Olympiad (IMO) ke-63 yang berlangsung di Oslo, Norwegia. 

Mereka berhasil membawa satu medali perak, empat medali perunggu, dan satu honourable mention. Acara olimpiade sains tertua dan terbesar di dunia ini ditujukan bagi siswa SMA dan diikuti oleh 589 siswa dari 104 negara.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Asep Sukmayadi menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas capaian ini. 

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa di tengah berbagai keterbasan yang dialami dalam sistem pembinaan tim di masa pandemi ini,” tutur Asep, dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (21/7/2022).

Dalam kompetisi IMO, para peserta diminta untuk mengerjakan enam soal matematika yang masing-masing terdiri dari tiga soal per hari dan harus dikerjakan dalam waktu 4,5 jam. 

Soal-soal ini meliputi empat bidang yaitu aljabar, kombinatorika, geometri dan teori bilangan. Soal-soal yang diberikan merupakan soal-soal yang orisinal dengan tipe soal yang belum pernah dikerjakan oleh siswa sebelumnya.

Menurutnya, untuk dapat mengerjakan soal, para peserta dituntut memiliki kecepatan berpikir, ketenangan mental,.dan kreativitas yang tinggi. Asep mengungkapkan, tak jarang para matematikawan profesional pun merasa kesulitan untuk mengerjakan soal-soal IMO dalam rentang waktu yang diberikan penyelenggara.

“Para peserta IMO ini, sebagaimana telah terbukti sebelumnya, di masa datang akan menjadi para ilmuwan, matematikawan, insinyur, dan ekonom yang memberikan kontribusi besar bagi kemajuan ilmu dan teknologi,” harapnya. (tim redaksi)

#timpelajarolimpiadematematika
#oslonorwegia
#prestasimatematika
#kemendikburistek
#imo
#fisikawan
#matematikawan
#insinyur

Tidak ada komentar