Breaking News

Produk Kosmetik Ilegal dan Kedaluwarsa Bertebaran, Loka POM Sisir Retail Modern di Tangerang

Kosmetik ilegal. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Puluhan item produk kosmetik untuk kecantikan tanpa izin edar dijual di sejumlah retail di Curug, Kabupaten Tangerang. Bahkan, dari hasil sidak BPOM Tangerang, ditemukan juga adanya kosmetik kecantikan yang telah kedaluwarsa, tapi masih dijual bebas di pasaran.

"Loka POM (Pengawasan Obat dan Makanan) Kabupaten Tangerang melakukan pemeriksaan ke tiga sarana peredaran kosmetik di Kecamatan Curug. Hasilnya ditemukan 31 item kosmetik tanpa izin edar dan 6 item kosmetik kedaluwarsa," ujar Kepala Loka POM Kabupaten Tangerang, Wydia Savitri kepada wartawan, dikutip Jumat (29/7/2022).

Wydia menuturkan, dari hasil penyisiran tersebut, pihaknya langsung memberikan teguran, pembinaan, dan sosialisasi kepada para pedagang. Hal ini guna mengingatkan penjual, bahwa perbuatan mereka dapat merugikan konsumen.

"Total nilai ekonomi diperkirakan sebesar Rp6 juta lebih dari puluhan item kosmetik yang kami sita itu. Sedangkan terhadap retail yang menjual produk bermasalah, diberikan pembinaan untuk tidak melakukan pengadaan dan menjual produk tanpa izin edar maupun kedaluwarsa tersebut," paparnya.

Dia juga mengimbau masyarakat, khususnya warga Kabupaten Tangerang untuk berhati-hati dalam memilih dan membeli produk kosmetik yang beredar di pertokoan maupun pasaran.  Pihaknya menyarankan agar masyarakat dapat melakukan cek terlebih dahulu kemasan label sebelum membeli produk. 

"Mari menjadi konsumen yang cerdas dengan memilih kosmetik aman sebelum digunakan dengan menerapkan cek klik (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa)," tuntasnya. Sementara itu, Kepala Bidang Kepala Bidang Perdagangan, Shandy Sulaeman mengungkapkan, selain melakukan monitoring, pedagang juga diberikan informasi mengenai penggunaan aplikasi BPOM mobile.

Hal ini bertujuan agar pedagang bisa memeriksa sendiri izin edar dari produk kosmetik yang dijual. "Tujuannya agar pemilik toko atau pedagang dapat mengecek secara mandiri izin edar barang yang dijual. diharapkan dengan sudah memiliki aplikasi tersebut pemilik toko atau pedagang tidak lagi menjual produk yang belum ada izin edarnya ke masyarakat," imbaunya.

Lebih lanjut, Shandy juga menjelaskan bahwa aplikasi BPOM mobile ini juga dapat didownload oleh masyarakat untuk bisa mengecek izin edar barang atau produk saat membeli suatu produk di toko langsung maupun secara online. "Sehingga dapat diketahui apakah izin edar yang tercantum sesuai dengan yang terdaftar di BPOM atau tidak," katanya lagi. (tim redaksi)

#penjualankosmetikilegal
#bpom
#produkkosmetikkedaluwarsa
#konsumen
#retail
#izinedar
#waktukedaluwarsa

Tidak ada komentar