Breaking News

Ponsel Lemot Jangan Langsung "di-Lembiru", Coba Lakukan Beberapa Tips Ini untuk Meningkatkan Performa HP

Penggunaan ponsel. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Penggunaan ponsel sehari-hari sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern. Kita bekerja, berkomunikasi, dan bersosialisasi lewat handphone.

Tapi, banyaknya aplikasi yang kita install bisa berpengaruh terhadap performa ponsel, lho! Kadang, perlahan ponsel kita terasa lemot dan lambat dalam pengoperasiannya.

Eits, tapi jangan langsung sibuk cari ponsel baru ya. Tak semua ponsel lemot itu berarti rusak. Kamu hanya perlu mencoba melakukan beberapa hal ini, untuk meningkatkan kembali performa ponsel.

1. Lakukan restart secara berkala

Kita menggunakan ponsel berjam-jam setiap harinya. Jadi, ya wajar saja jika ponsel kamu overheat, sehingga bikin smartphone jadi lemot dan koneksi internetnya pun melambat.

Maka dari itu, restart smartphone secara berkala jadi penting dilakukan supaya kinerja ponsel terjaga dalam jangka panjang. Koneksi internet di smartphone juga bisa melambat disebabkan oleh hal-hal yang tidak kamu ketahui.

Di saat-saat seperti itu, restart smartphone juga dapat menjadi solusi karena sistem bisa kembali bekerja dalam kondisi “bersih” dan kembali pulih dengan fungsi yang normal seperti sediakala. 

2. Mematikan ponsel saat sedang di-charge

Selain restart saat terjadi kendala, kita juga bisa mematikan smartphone saat sedang di-charge, agar sistem benar-benar istirahat. Sekaligus menghindari perangkat menjadi panas akibat di-charge sambil digunakan.

3. Tutup, nonaktifkan, atau hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan

Semakin sering kita pakai ponsel untuk buka berbagai aplikasi, maka smartphone bisa mengalami hang dan bikin internetnya juga ikut lemot. Pakai aplikasi yang benar-benar kamu perlukan saja.

Seringnya kita hanya menekan tombol back atau home setelah menggunakan aplikasi juga berpengaruh terhadap kelambatan kerja ponsel. Maka itu, ada baiknya benar-benar ditutup agar tidak memakan RAM ponsel kamu. Karena tanpa kamu sadari, aplikasi yang tidak kamu butuhkan itu tetap berjalan "secara diam-diam", sehingga ikut mengonsumsi kuota data yang bikin koneksi internet jadi lebih lambat.

4. Memaksimalkan jaringan 4G

Layanan 4G merupakan jaringan mobile yang paling terjangkau saat ini. Apalagi, migrasi 3G ke 4G makin gencar dilakukan operator guna mendukung pengguna menikmati internet yang lebih cepat untuk browsing, chatting, video call, streaming, hingga download konten yang lebih lancar.

Untuk memaksimalkan jaringan 4G, kamu bisa memilih operator mana yang memiliki jaringan terbaik di wilayah kamu untuk mendapatkan internet yang lebih lancar. (tim redaksi)

#ponsellemot
#tipsandtrik
#buangaplikasiyangtakdibutuhkan
#restartponselberkala
#kerjaponsel
#koneksiinternet
#matikanponselsaatcharge

Tidak ada komentar