Breaking News

Pesawat Kargo Antonov-12 Jatuh di Yunani, Bawa Muatan Berbahaya

Antonov-12 

WELFARE.id-Pesawat kargo Antonov-12 jatuh dan meledak di dekat kota Kavala, Yunani utara, Sabtu (16/7/2022) malam waktu setempat. Pesawat tersebut dioperasikan oleh maskapai penerbangan yang berbasis di Ukraina. Hal itu diungkapkan pihak berwenang setempat. 

Otoritas Penerbangan Sipil Yunani mengatakan penerbangan itu menuju dari Serbia ke Yordania, tetapi belum dapat memastikan berapa banyak orang yang ada di dalam pesawat atau apa muatan pesawat itu. Pesawat itu dioperasikan oleh Meridian, sebuah pengangkut kargo. 

Otoritas Penerbangan Sipil Yunani mengatakan pilot berhasil memberi tahu pihak berwenang tentang masalah di salah satu mesin pesawat dan dia diberi pilihan untuk mendarat di bandara Thessaloniki atau Kavala. 

Dia memilih Kavala, yang lebih dekat, tetapi pesawat itu jatuh sekitar 40 kilometer barat bandara. "Kami mendengar ledakan sampai beberapa menit yang lalu," kata Wali Kota Paggaio, Filippos Anastassiadis. 

"Saya sekitar 300 meter dari lokasi kecelakaan," imbuhnya seperti dikutip dari Associated Press, Minggu (17/7/2022). 

Penduduk setempat melaporkan melihat bola api dan kepulan asap. Ledakan itu telah memicu spekulasi di kalangan penduduk setempat dan beberapa media Yunani bahwa pesawat itu membawa bahan peledak.

Stasiun tv Yunani ERT melaporkan, pesawat Antonov-12 membawa kargo 12 ton yang digambarkan sebagai material berpotensi berbahaya. 

Penyiar negara ERT melaporkan bahwa ahli bahan peledak tentara sedang dalam perjalanan ke lokasi, yang terletak di lahan pertanian dekat dengan dua desa yang merupakan bagian dari kotamadya Paggaio. 

Kami memperlakukan kargo ini sebagai bahan berbahaya," kata seorang petugas pemadam kebakaran seperti dikutip Reuters. 

Unit tanggap bencana khusus Yunani juga sedang menyelidiki tempat kecelakaan Antonov-12. Layanan pemadam kebakaran telah menutup area tersebut. Sejauh ini belum ada komentar dari Ukraina, Serbia, atau Yordania tentang pesawat kargo Antonov-12 jatuh. (tim redaksi) 

#pesawat
#pesawatjatuh
#antonov12
#pesawatukrainajatuh
#yunani

Tidak ada komentar