Breaking News

Perpustakaan Bisa Jadi Tempat Healing yang Asyik, Yuk Datang ke Sini!

Perpustakaan Taman Ismail Marzuki (TIM) di Cikini, Menteng yang kini nyaman untuk membaca aneka literasi. Foto: Istimewa/ KBA News

WELFARE.id-Perpustakaan Umum Taman Ismail Marzuki (TIM) di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat akhirnya dibuka untuk umum. Namun, pengunjungnya tetap dibatasi, untuk menghindari kerumunan dan risiko penularan COVID-19.

Humas Perpustakaan Umum Jakarta, Irfan, mengatakan pengunjung wajib daftar online karena masih dibatasi. Kuota pengunjung Perpustakaan TIM juga dibatasi 300 orang.

Sedangkan jam operasional perpustakaan dibuka sejak pukul 09.00. "Bagi pengunjung yang telanjur datang langsung ke sini, kami minta mendaftarkan diri di ruang utama perpustakaan. Mereka baru bisa masuk jika masih ada kuota," jelas Irfan, Kamis (14/7/2022).

Fasilitas perpustakaan di sana cukup lengkap dan nyaman. Letaknnya di Gedung Panjang, yaitu di lantai 4, 5, dan 6. 

Perpustakaan ini berada di lokasi yang sama dengan Pusat Dokumen Sastra (PDS) HB Jassin. Tak cuma ada buku di perpustakaan TIM. 

Di lantai 4 perpustakaan ini, selain buku anak dan keluarga, juga tersedia ruang bermain indoor maupun outdoor. Ruang bermain indoor disediakan bagi balita.

"Jadi anak bisa bermain ketika orang tua membaca," ujar Irfan. Fasilitas lain di perpustakaan ini adalah rak tangga untuk membaca, selain rak penyimpanan buku. 

Pengelola juga menyediakan bilik untuk pengunjung yang butuh privasi untuk membaca maupun bekerja. Satu bilik ini dapat diisi oleh dua orang.

Ia menambahkan, sudut favorit pengunjung perpustakaan adalah hamparan karpet dengan sejumlah kursi bantal. Sudut favorit ini selalu penuh.

Perpustakaan TIM diresmikan oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan pada Jumat, 8 Juli lalu. Di Perpustakaan Jakarta itu telah tersimpan 138.000 koleksi buku dan 4.395 koleksi di PDS HB Jassin. 

Perpustakaan Jakarta berisi koleksi buku-buku umum, buku-buku anak, hingga koleksi kejakartaan yang relevan dan sesuai kebutuhan masyarakat. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menginstruksikan jajaran Pemprov DKI agar melakukan berbagai upaya agar Perpustakaan Jakarta dan PDS HB Jassin menjadi refleksi perpustakaan masa depan. 

Sehingga mampu menarik minat generasi muda untuk datang dan berkegiatan. "Tugas kita bukan merawat saja, tetapi juga mengembangkan. Penting sekali agar generasi baru datang ke tempat ini. Kami berharap perpustakaan Jakarta dan PDS HB Jassin mencerminkan perpustakaan masa depan di Indonesia," ucapnya. (tim redaksi)

#perpustakaantim
#pdshbjassin
#daftaronline
#pengunjungmasihdibatasi
#kuotapengunjung
#minatmembaca
#perpustakaannyaman
#perpustakaanjakarta
#literasi

Tidak ada komentar