Breaking News

Penembakan Shinzo Abe Kejutkan Para Pemimpin Dunia

Shinzo Abe. Foto : twitter

WELFARE.id-Shinzo Abe, mantan perdana menteri Jepang, ditembak saat berkampanye di kota Nara.  

Serangan pada hari Jumat memicu kejutan dan kecaman. Termasuk dari para pemimpin negara-negara sahabat. Berikut beberapa reaksi para pemimpin dunia seperti yang dikutip dari Business Today dan Al Jazeera: 

1. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anthony Blinken 

Blinken mengatakan, AS sangat sedih dan sangat prihatin atas percobaan pembunuhan Abe. "Kami tidak tahu kondisinya. Kami tahu bahwa tampaknya dia telah ditembak. Pikiran kami, doa kami bersamanya, dengan keluarganya, dengan orang-orang Jepang. Ini adalah momen yang sangat, sangat menyedihkan," katanya di sela-sela pertemuan G20 di Bali, seperti dikutip dari The Associated Press. 

Mantan Presiden AS Donald Trump mengatakan, serangan terhadap Abe sangat menghancurkan. Dia menggambarkan Abe sebagai pria dan pemimpin yang benar-benar hebat. "Dia adalah teman sejati saya dan, yang lebih penting, Amerika," kata Trump. 

“Ini adalah pukulan luar biasa bagi orang-orang hebat di Jepang, yang sangat mencintai dan mengaguminya. Kami semua berdoa untuk Shinzo dan keluarganya yang cantik!” sambung Trump di aplikasi media sosialnya. 

2. Perdana Menteri Australia Anthony Albanese  

"Berita mengejutkan dari Jepang bahwa mantan PM Shinzo Abe telah ditembak - pikiran dan doa kami bersama keluarganya dan orang-orang Jepang saat ini." 

3. Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi 

Teuku Faizasyah, juru bicara kementerian luar negeri Indonesia atas nama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mengatakan dalam sebuah pernyataan: 

"Menteri Retno telah menyatakan simpatinya atas nama menteri luar negeri G20 kepada menteri luar negeri Jepang." 

4. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern 

Arderb yang berada di Sydney juga mengungkapkan keterkejutannya. “Dia adalah salah satu pemimpin yang pertama saya temui secara resmi ketika saya menjadi Perdana Menteri. Dia sangat berkomitmen pada perannya, dan juga murah hati dan baik hati. Saya ingat dia bertanya setelah kehilangan hewan peliharaan kami baru-baru ini ketika saya bertemu dengannya, isyarat kecil tetapi yang menunjukkan kepada orang seperti apa dia," kata Ardern. 

"Pikiran saya bersama istrinya dan orang-orang Jepang. Peristiwa seperti ini mengguncang kita semua sampai ke inti,” imbuhnya. 

5. Perdana Menteri India Narendra Modi 

"Sangat terkejut oleh serangan terhadap teman baik saya Shinzo Abe. Pikiran dan doa kami bersamanya, keluarganya, dan orang-orang Jepang," cuitnya. 

6. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong 

Lee mengecam penembakan itu sebagai tindakan kekerasan yang tidak masuk akal. "Tn. Abe adalah teman baik Singapura. Saya baru saja menjamunya untuk makan siang pada bulan Mei, pada kunjungan saya ke Tokyo. Pikiran dan doa saya bersama Tuan Abe dan keluarganya," kata Lee di Facebook. 

7. Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo 

Manalo mengatakan dia mengetahui berita itu dengan sangat terkejut dan cemas. "Saya menyampaikan simpati saya yang dalam dan berdoa untuk kesembuhannya lebih awal,” katanya. 

8. Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah mengaku sedih dan kaget. "Pemerintah dan rakyat Malaysia berdoa untuk kesembuhannya yang cepat dan agar keluarganya diberi kekuatan untuk menanggung tragedi ini," cuitnya. (tim redaksi)

#shinzoabe
#mantanpmjepang
#shinzoabeditembak
#penembakanshinzoabe
#jepang

Tidak ada komentar