Breaking News

Penembakan di Kopenhagen, Tiga Orang Tewas

Penembakan di mal di Kopenhagen, Denmark. Foto : AFP

WELFARE.id-Tiga orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam penembakan di sebuah pusat perbelanjaan (mal) di Kopenhagen pada Minggu (3/7/2022). 

Tak lama, polisi telah menangkap seorang pria Denmark berusia 22 tahun. Serangan itu mengguncang Denmark pada akhir minggu yang menyenangkan, tepat setelah menjadi tuan rumah tiga tahap pertama dari balap sepeda Tour de France. Lomba balap sepeda tersebut mendapat dukungan dari ratusan ribu orang Denmark yang bersorak ke jalan-jalan di seluruh negeri. 

"Denmark dilanda serangan kejam pada Minggu malam. Beberapa tewas. Bahkan lebih banyak lagi yang terluka. Keluarga tak bersalah berbelanja atau makan di luar. Anak-anak, remaja dan dewasa," kata Perdana Menteri Mette Frederiksen dalam sebuah pernyataan, dikutip Senin (4/7/2022). 

"Ibu kota kami yang indah dan biasanya begitu aman berubah dalam hitungan detik  Saya ingin mendorong warga Denmark untuk berdiri bersama dan saling mendukung di masa sulit ini," lanjutnya. 

Polisi Kopenhagen mengatakan, petugas bersenjata dikirim ke mal Field di ibukota pada Minggu sore setelah laporan penembakan, dan telah mengatakan kepada orang-orang di dalam untuk tetap tinggal dan menunggu bantuan. Rekaman media lokal menunjukkan sekelompok pembeli ketakutan berlarian dari mal. 

Polisi Kopenhagen mengatakan petugas bersenjata dikirim ke mal Field di ibukota pada Minggu sore setelah laporan penembakan, dan telah mengatakan kepada orang-orang di dalam untuk tetap tinggal dan menunggu bantuan. Rekaman media lokal menunjukkan sekelompok pembeli ketakutan berlarian dari mal. 

"Kami akan melakukan penyelidikan besar-besaran dan kehadiran operasional besar-besaran di Kopenhagen sampai kami dapat mengatakan dengan pasti: Dia sendirian," kata Thomassen. 

Ia menjelaskan, penembak telah membunuh seorang pria berusia empat puluhan dan dua anak muda, seorang pria dan seorang wanita. Beberapa lagi terluka, dan di antara mereka, tiga orang dalam kondisi kritis. 

"Penyelidikan sejauh ini tidak mengarah pada motif rasis atau sebaliknya, tetapi ini bisa berubah," pungkasnya. (tim redaksi) 

#penembakan
#penembakandimal
#kopenhagen
#denmark
#penembakandidenmark

Tidak ada komentar