Breaking News

Pemilik 20% Cadangan Nikel Dunia, RI Berpeluang Bangun Sentra Baterai Kendaraan Listrik

Mobil listrik. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Indonesia berpeluang menjadi sentra produksi baterai kendaraan listrik dunia. Pasalnya, Indonesia memiliki cadangan nikel sebesar 20 persen dari total cadangan nikel dunia. 

Pernyataan itu, disampaikan Wakil Menteri Badan Usaham Milik Negara (BUMN) I Pahala Mansury. Pemerintah telah berkali-kali menekankan perhatiannya ke pengembangan ekosistem kendaraan listrik. 

Salah satunya, dengan membentuk konsorsium dalam pembangunan Indonesia Battery Company (IBC). "Ini mimpi Indonesia untuk bisa menjadi pusat suplai baterai kendaraan listrik dunia. Hal ini didorong keyakinan adanya cadangan nikel yang besar di Tanah Air," ujar Pahala, dalam Mining Forum MIND ID, dikutip Sabtu (30/7/2022). 

Bahkan, lebih jauh dikatakan, Indonesia bisa menjadi pusat pengembangan kendaraan listrik ke depannya. "Indonesia memang punya aspirasi dari arahan presiden, dimana kita bisa jadi sentral global supply chain. Karena kita memiliki lebih dari 20 persen cadangan nikel seluruh dunia, untuk komoditas utama dalam membangun baterai (kendaraan listrik)," tegasnya.

Ia bahkan mengatakan, Indonesia telah menggandeng perusahaan besar asal Tiongkok dan Korea Selatan. Yakni, Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL) dan LG. 

Keduanya merupakan produsen baterai kendaraan listrik terbesar di dunia. Jika CATL dan LG membangun pabrik di Indonesia, kemungkinan RI menjadi produsen baterai terbesar di dunia diyakini akan semakin terbuka. 

"Kita lakukan aliansi secara end-to-end, kita akan lakukan hulu kehilir, dari penambangan, ke battery cell, dan battery pack," paparnya. Dengan visi tersebut, lanjutnya, 70 persen cadangan nikel Indonesia diharapkan bisa diproduksi menjadi precusor nikel dan kemudian menjadi katoda nikel. Keduanya merupakan bahan untuk membuat baterai kendaraan listrik. (tim redaksi)

#produsenbateraikendaraanlistrik
#penghasilnikel
#cadangannikelindonesia
#tambangnikel
#kendaraanlistrik
#potensiindonesia
#bumn

Tidak ada komentar