Breaking News

Pekan Depan, KAI Kembali Batasi Kapasitas Penumpang KRL

Commuter line (Foto: instagram @commuterline) 

WELFARE id-KAI Commuter memberlakukan kembali penerapan pembatasan 80 persen dari kapasitas penumpang KRL atau kereta rel listrik mulai pekan depan, (17/7/2022). 

Hal itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi COVID-19 kepada pengguna kereta rel listrik (KRL) dan kereta api (KA) lokal. 

"Dalam aturan tersebut, pelayanan KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta–Solo hanya melayani pengguna hingga 80 persen dari kapasitas, dengan tempat duduk dapat terisi penuh," jelas Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Senin (11/7/2022). 

Pengguna KA lokal perkotaan di wilayah Merak, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya diperkenankan melayani jumlah kapasitas pengguna paling banyak 100 persen dari ketentuan. "Ketentuan penjualan tiket KA lokal perkotaan yaitu 100 persen untuk penjualan tiket dengan tempat duduk dan tambahan kuota 50 persen penjualan tiket tanpa tempat duduk," katanya. 

Saat ini, lanjutnya, operasional KRL Jabodetabek tetap beroperasi mulai pukul 04.00–24.00 WIB dengan mengoperasikan sebanyak 1.081 perjalanan per harinya. 

Sementara itu, operasional KRL Yogyakarta–Solo juga tetap beroperasi dengan 20 perjalanan KRL per hari, pada hari kerja mulai pukul 05.05–18.30 WIB. Sedangkan, hari libur atau Sabtu dan Minggu beroperasi sebanyak 24 perjalanan mulai pukul 05.05–20.17 WIB. "Petugas akan melakukan pengendalian jumlah pengguna KRL yang dapat masuk ke kereta dengan melakukan penyekatan, terutama di jam-jam sibuk," tambahnya. 

Adapun operasional pelayanan KA lokal di wilayah Merak tiap harinya tetap mengoperasikan 14 perjalanan. Pelayanan perjalanan KA lokal di wilayah 2 Bandung, KAI Commuter tetap mengoperasikan sebanyak 58 perjalanan tiap harinya. 

Sementara itu, pelayanan perjalanan KA lokal Prambanan Ekspres di wilayah Yogyakarta dengan relasi Yogyakarta-Kutoarjo PP, dioperasikan sebanyak 8 perjalanan tiap harinya. Sedangkan, operasional pelayanan perjalanan KA lokal di wilayah Surabaya, tiap harinya mengoperasikan sebanyak 60 perjalanan. 

Sebelumnya, KAI Commuter menambah 27 perjalanan KRL. Dengan penambahan 27 perjalanan itu, saat ini, KAI Commuter mengoperasikan 1.081 perjalanan KRL dengan 95 loop mulai pukul 04.00–24.00 WIB setiap harinya. Hal ini dilakukan seiring dengan melonjaknya tren pengguna KRL. (tim redaksi) 

#kai
#krl
#commuterline
#krlcommuterline
#anker
#kereta
#pembatasanpenumpangkereta

Tidak ada komentar