Breaking News

Pakistan Disapu Banjir, Ratusan Orang Meninggal Dunia

Banjir di Pakistan. Foto: Istimewa/ Fareed Khan

WELFARE.id-Banjir kembali landa Pakistan. Hujan lebat berturut-turut sejak 14 Juli 2022 lalu, membuat seluruh sungai di wilayah itu meluap.

Tim penyelamat, didukung pasukan tentara, yang menggunakan perahu dan helikopter, mulai mengevakuasi ratusan orang yang terjebak banjir di barat daya Pakistan, Rabu (27/7/2022). Sedikitnya 104 orang telah meninggal dunia akibat banjir yang dipicu hujan lebat ini.

Melansir VOA, Kamis (28/7/2022), Otoritas Penanggulangan Bencana Nasional, meluapnya sungai di negara itu juga telah merusak jembatan, jalan, dan sekitar 4.000 rumah di provinsi Baluchistan. Sedikitnya 337 orang tewas dalam insiden terkait hujan di seluruh Pakistan.

Dalam sebuah pernyataan, militer Pakistan mengatakan, sehari sebelumnya pasukan mereka telah membantu pemerintah lokal di Baluchistan untuk mengevakuasi orang-orang dari daerah yang terdampak banjir. 

Militer telah mendirikan kamp-kamp medis di daerah banjir, di mana Badan Kesehatan Dunia WHO pekan ini meluncurkan kampanye vaksinasi anti-kolera untuk mencegah perebakan penyakit yang ditularkan lewat air.

Ancaman lain juga muncul, yakni kolera. Akibat kurangnya air bersih, telah menyebabkan 28 kematian dan membuat ribuan orang di Baluchistan jatuh sakit dalam beberapa bulan terakhir ini. 

Penyakit kolera merupakan endemik dan musiman di Pakistan. Beberapa petugas kesehatan mengatakan, kampanye vaksinasi anti-kolera telah dimulai 25 Juli lalu dan akan berlanjut hingga 28 Juli mendatang. (tim redaksi)

#banjirdipakistan
#hujanlebat
#penyakitkolera
#korbanmeninggal
#curahhujantinggi

Tidak ada komentar