Breaking News

Negaranya Dibombardir, Ibu Negara Ukraina Lawatan ke AS, Bawa Misi Apa?

Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska. Foto: Instagram @olenazelenska_official

WELFARE.id-Ibu negara Ukraina, Olena Zelenska, mengunjungi Amerika Serikat (AS) untuk bertemu sejumlah pejabat. Termasuk, bertemu langsung dengan istri Presiden Joe Biden, Jill Biden, Senin (18/7/2022).

Setibanya di Washington DC, Zelenska memulai pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, Senin (19/7/2022). Menurut Juru Bicara Kemlu AS, Ned Price, dalam pertemuan itu, Blinken mengatakan komitmen negaranya terhadap Ukraina. 

Ia juga menyebut bahwa Menlu AS memuji Zelenska atas dedikasinya berkaitan dengan pemulihan trauma warga Ukraina akibat perang. Melansir Associated Press, Selasa (19/7/2022), saat keduanya bertemu, tak ada foto resmi bersama. 

Sebab, kunjungan Zelenska kali ini bukan perwakilan resmi pemerintah Ukraina. Di hari yang sama, Zelenska juga bertemu dengan Kepala Badan Pembangunan Internasional AS, Samantha Power. 

Lembaga ini memberikan miliaran dolar uang bagi Ukraina yang terdiri dari bantuan kemanusiaan guna meminimalisir kekurangan pangan imbas perang Rusia. Zelenska akan bertemu Jill Biden di Gedung Putih hari ini.

Keesokan harinya, Zelenska akan berbicara di depan Kongres AS di auditorium Gedung Capitol. Sejauh ini belum ada pernyataan resmi agenda perjalanan Zelenska di Washinghton. 

Pejabat Ukraina tidak segera menanggapi saat ditanya jadwal kunjungan istri Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, itu. Ini adalah lawatan Zelenska ke luar negeri pertamanya sejak invasi Rusia berlangsung pada Februari lalu. 

Sejak itu, Ukraina terus berada dalam gempuran Rusia yang kini telah berlangsung hampir lima bulan. Di bulan-bulan pertama invasi, Zelenska bersama dua anaknya menghilang. 

Dia mengaku, perang memaksa dirinya untuk berlindung karena alasan keamanan. Anak-anak mereka, lanjut Zelenska, bahkan hanya bisa menatap sang ayah melalui video yang diunggah di media sosial.

Zelenska baru muncul ke publik lagi pada 8 Mei lalu. Saat itu, ia menyambut Jill Biden yang melakukan kunjungan mendadak ke Ukraina barat.

Kedua ibu negara ini bertemu di sebuah sekolah. Mereka berbincang, berpelukan, dan bergabung dengan anak-anak membuat hadiah di Hari Ibu.

Sejak pertemuan itu, Zelenska menjadi pusat perhatian. Dia kerap menjadi narasumber berbagai surat kabar yang bertanya soal perjuangan Ukraina dan proyeknya selama konflik berkecamuk.

Olena Zelenska juga sempat mendorong rekan-rekan negara di seluruh dunia untuk membantu wanita Ukraina agar bisa mengatur negaranya dalam menghadapi invasi Rusia ini. "Dorong rekan senegaranya untuk membantu wanita Ukraina dan mengatur bantuan negara. Biarkan seluruh dunia tahu -ini bukan perang di suatu tempat di luar sana," imbuhnya.

Menurut Zelenska ini adalah perang di Eropa dan di perbatasan Uni Eropa. "Ukraina bertahan melawan kekuatan yang besok mungkin menyerang kota-kota Anda yang damai," ucapnya terpisah sebelumnya. (tim redaksi)

#ibunegaraukraina
#olenazelenska
#olodymyrzelensky
#kunjungankeamerikaserikat
#perangrusiaukraina
#kunjunganinformalkeas
#amerikaserikat

Tidak ada komentar