Breaking News

Meski Tak Populer di Tanah Air, Ini Sejarah dan Peraturan Permainan Softball

Permainan softball yang populer di Amerika Serikat. Foto: net

WELFARE.id-Softball salah satu olahraga yang cukup populer di sejumlah negara.  Softball merupakan permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu. Tapi olahraga ini tidak banyak orang Indonesia yang tahu karena termasuk olahraga kurang populer di Tanah Air.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut pengertian, sejarah dan peraturan dari permainan softball. Softball merupakan cabang olahraga beregu yang termasuk jenis olahraga baseball atau hardball. 

Permainan softball dapat dimainkan oleh semua kalangan. Dari kalangan putra-putri, anak-anak hingga orang dewasa. Untuk melakukan permainan softball memerlukan dua tim, yang masing-masing tim terdiri dari sembilan orang. 

Tetapi jumlah anggota dalam permainan softball untuk bersenang-senang hanya memerlukan jumlah anggota masing-masing timnya di bawah dua orang.

Cara olahraga softball ini dua tim akan terbagi menjadi tim yang berjaga (defensif) dan tim memukul (ofensif). Kedua tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri base sampai menyentuh base akhir (home plate).

Selain itu olahraga softball menggunakan teknik melempar dan memukul. Bola softball akan dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher)  ke arah tim lawan. Kemudian tim lawan akan memukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Lalu terdapat regu yang berjaga (defensif) dan tim.

Adapun ukuran bola yang digunakan dalam permainan softball berukuran kecil dan hampir mirip dengan bola kasti yang digunakan pada olahraga baseball. 

Perkembangan softball saat ini tak luput dari sejarah terciptanya. Pada awal mulanya, softball berasal dari Amerika yang diciptakan oleh George Hancock (1887). 
Olahraga ini pertama kali dimainkan di Chicago yang merupakan kota terbesar bagian Amerika Serikat Illinois. Seiring berjalannya waktu, permainan softball sering dimainkan banyak orang di berbagai daerah di negara tersebut.

Sejak awal permainan softball ini dikenalkan ke publik pelaksanaan permainan softball dilakukan di ruangan tertutup atau di dalam ruangan. Tetapi pada abad ke-20, permainan softball dapat dimainkan di luar ruangan terbuka dengan menggunakan ukuran bola yang lebih besar.

Semakin berkembangnya waktu, pada tahun 1933 digelarnya kejuaraan permainan softball di bawah lindungan Asosiasi sofbol Amatir Amerika (Amateur Softball Association of America).

Permainan softball pun semakin dikenal oleh banyak orang di berbagai negara, termasuk Indonesia. Tetapi pada pertama kali masuknya softball di Indonesia hanya bisa dimainkan oleh Laki-laki dan seiring berkembangnya zaman semua kalangan dapat memainkannya. 

Dengan berkembangnya permainan softball diberbagai negara terciptalah Federasi Softball Internasional (ISF). Organisasi ISF inilah yang membuat peraturan permainan softball secara universal, termasuk Eropa dan Indonesia. 

Berikut peraturan yang diciptakan oleh ISF untuk permainan softball. Dalam permainan softball memiliki dua tim. Satu tim terdiri dari sembilan orang pemain, yang dipimpin oleh seorang kapten regu.

Sembilan orang pemain setiap tim terbagi menjadi satu orang pitcher, dua orang catcher, dua orang baseman, satu shortstop dan short fielder, satu orang left fielder, satu orang midfielder, dan satu orang right fielder.

Saat melakukan pergantian pemain harus memberitahukan kepada umpire. Pemain yang sudah diganti tidak boleh main lagi.

Cara Bermain Softball adalah setiap tim yang mendapat giliran untuk memukul, maka setiap pemain mendapat kesempatan 3 kali memukul. Dengan ketentuan bila pukulan pertama dan kedua strike maka pemain yang bersangkutan harus lari.

Setiap base dapat diisi oleh satu orang pemain saja. Pada saat ditick, pelari tidak boleh menghindari berlari ke luar atau ke dalam lebih dari batas yang ditentukan.
Peraturan di dalam pertandingan.

Di awal pertandingan melakukan undian dengan uang logam untuk menentukan siapa yang menjadi tim penjaga (Home Team / HT) dan siapa tim pemukul (Visiting Team/ VT). Jumlah permainan dilakukan dalam tujuh inning.

Jika salah satu tim tidak datang di lapangan pada waktu bertanding, tim tersebut dinyatakan kalah dan tim yang menang mendapat nilai 7-0. Nilai tidak dihitung jika bersamaan dengan terjadinya out yang ke-3 di base 1  di tempat lain sebelum mencapai base.

Dalam permainan softball terdapat empat orang wasit. Cara mendapatkan skor. Para pelari dengan pukulan baik dan dapat kembali dengan selamat mendapat nilai satu.

Para pelari yang menuju base harus menginjak base, tidak boleh lewat begitu saja. Jika dilewati maka boleh di-tick. Apabila bola dapat ditangkap dari hasil pukulan tim lawan. Maka tim lawan dinyatakan kalah. (tim redaksi)

#olahraga
#softball
#permainanberegu
#bolakecil
#kekompakan
#amerika

Tidak ada komentar