Breaking News

Mengenal Mawar Putih Batik, Dipakai Pebasket Justin Holiday, Fokus Jualan via e-Commerce

Yogi dan Santika, pemilik Batik Mawar putih (ist) 

WELFARE.id-Pemanfaatan teknologi digital diketahui berdampak positif dalam pertumbuhan bisnis usaha, khususnya UMKM lokal sebagai wadah untuk memasarkan produk. 

Tak perlu modal banyak, berbagai hasil karya dalam negeri dapat dinikmati secara luas bahkan mampu menembus pasar dunia berkat bisnis digital. 

Tak terkecuali dalam memasarkan produk yang kental dengan nilai budaya, seperti batik. Banyak cerita batik Indonesia telah mendarat di penjuru dunia. Salah satunya Batik Mawar Putih. Batik asal Blitar, Jawa Timur ini tercatat mulai sibuk melayani pesanan batik dari pelanggan mereka di beberapa negara, seperti Singapura dan Malaysia. 

Batik dengan desain custom garapan Batik Mawar Putih ini sebelumnya juga sempat viral digunakan oleh Justin Holiday, pemain basket NBA. 

Santika mendirikan Batik Mawar Putih bersama suaminya, Yogi Rosdianta. Mereka menceritakan sejumlah kendala yang dihadapi dalam membesarkan usaha dari kota kecil. “Kami berasal dari kota kecil, jadi punya kesulitan memasarkan ke masyarakat di luar Blitar. Belum lagi harus berkompetisi dengan brand lain yang sudah lebih besar,” jelas Santika. 

Untuk itu, kata Santika, melalui e-commerce, dia dapat membantu memasarkan produk dari inovasi yang telah dilakukan Batik Mawar Putih. “Dengan bantuan Shopee, kami bisa menjangkau pembeli di seluruh Indonesia dan bisnis kami pun semakin berkembang,” katanya. 

Platform e-commerce telah memudahkan Batik Mawar Putih dalam melayani pembeli. Selain lebih terpercaya, teknologi di aplikasi Shopee memudahkan pembeli untuk melacak pengiriman barang dan melihat review. “Penjualannya membuat toko kami menjadi semakin dipercaya pembeli. Mereka dapat melacak pengiriman dan langsung meninggalkan kesan di toko Shopee,” ungkap Santika. 

Seperti diketahui, salah satu pencapaian tertinggi Batik Mawar Putih ialah karyanya pernah dipakai oleh atlet NBA ternama, Justin Holiday, di Amerika Serikat. Hal ini menjadi bukti bahwa pattern batik yang dimiliki Indonesia memiliki daya tarik, bahkan bagi orang-orang di luar Indonesia. 

Dalam foto yang diunggah Justin pada Maret 2022 lalu, dia tampak bergaya kasual dengan nuansa serba hitam di downtown Indianapolis, Indianapolis, Amerika Serikat. Pebasket kelahiran 1989 itu pun menuliskan “ID” dalam caption yang berarti Indonesia.  

Postingannya ini pun dibanjiri komentar warganet Indonesia yang merasa bangga. Mereka mengatakan produk dengan nilai budaya Indonesia ini bisa mejeng di akun Instagram seorang atlet internasional tersebut. 

Ciri khas Batik Mawar Putih ialah pada motifnya yang autentik karena dibuat secara custom. Yogi dan Santika mempertahankan motif khas Blitar seperti ikan koi dan Tugu Pecut, serta beberapa motif batik lainnya. Motif tersebut juga dapat disesuaikan dengan keinginan pembeli dalam hal warna dan proses pembuatannya. Eksklusivitas motif batiknya inilah yang menjadi daya tarik para pembeli dari luar negeri. 

“Awalnya sempat kirim batik ke luar negeri lewat teman. Saat itu baru hanya satu - dua pesanan. Lalu makin banyak permintaan. Saya sekalian seriusin dan ternyata permintaan dari mancanegara pun semakin besar. Kini, sebanyak 50 persen penjualan Batik Mawar Putih diperoleh melalui ekspor,” pungkasnya. (tim redaksi

#batik
#batikmawarputih
#umkm
#umkmmendunia
#batikblitar

Tidak ada komentar