Breaking News

Mau Staycation Seru, Ingat 3 Tips Ini dalam Perencanaan

Staycation seru bareng keluarga. Foto: Ilustrasi/ Dok.Asian Parents

WELFARE.id-Staycation adalah salah satu bentuk liburan yang sedang populer di Indonesia, karena hemat tanpa perlu meninggalkan kota dan negara. Cukup cari hotel atau penginapan yang menawarkan berbagai aktivitas seru.

Staycation dianggap sebagai liburan alternatif untuk menghilangkan kepenatan dan kejenuhan setelah melakukan aktivitas rutin berhari-hari. "Ide dari staycation adalah melakukan semua hal yang akan kamu lakukan jika bepergian ke suatu tempat. 

Tetapi menemukan cara untuk menggabungkan pengalaman tersebut di dalam rumah sendiri,” kata Catherine A. Sanderson, PhD., dikutip Sabtu (23/7/2022). 

Namun, melakukan staycation pun tidak segampang yang kamu pikirkan. Jika asal, staycation-mu mungkin akan sia-sia, boring, bahkan menjadi tidak nyaman.

Sebab, meski hanya tinggal di penginapan bukan berarti kamu tidak bisa menghabiskan waktu dengan maksimal. Oleh karena itu pemilihan lokasi dan waktu adalah hal yang paling krusial untuk staycation. 

Agar momen staycation terasa lebih nyata dan tidak menghabiskan banyak waktu perjalanan, kamj bisa mencoba beberapa trik berikut ini:

1. Jangan Bawa Pekerjaan

Selesaikan semua pekerjaan sebelum waktu liburan tiba. Jangan sampai waktu liburan kamu terbuang sia-sia karena bekerja saat perjalanan liburan. 

Dengan menyelesaikan pekerjaan sebelum waktu libur tiba, kamu dapat berlibur dengan tenang. 

2. Pastikan Lokasi Liburan 

Setiap orang memiliki gaya liburan yang berbeda. Ada yang suka menikmati alam, berwisata kuliner, mempelajari sejarah dan budaya hingga memilih untuk rebahan di kamar saja. 

Jangan sampai waktu kamu habis karena kebingungan menentukan prioritas lokasi tujuan saat tiba di lokasi. Dannie Fountain, ahli strategi pemasaran meyakini bahwa kunci utama dari staycation  yang bagus adalah pertama-tama mencari tahu apa yang ingin kamu lakukan, apakah itu liburan spa atau petualangan hiking.

Setelah tahu apa yang ingin dilakukan, kamu bisa menemukan tempat terbaik yang sesuai dengan aktivitas yang ingin dilakukan. "Lalu, pilih 'di mana' berdasarkan tempat di dekatmu yang menawarkan yang terbaik dari 'apa'," sarannya.

3. Pilih Penginapan dengan Fasilitas Terbaik 

Staycation memberikan kamu kesempatan untuk kabur sejenak dari rutinitas. Menyewa hotel dengan fasilitas super lengkap akan membantu kamu merasa lebih rileks, bahkan tanpa harus ke luar hotel.

Perencana keuangan bersertifikat dengan United Capital, Byron Ellis, menyarankan bahwa kamu harus tetap berbelanja secara royal untuk staycation. "Kamu telah menghemat banyak dengan tidak membeli tiket pesawat, tidak menggeser kartu kredit di pompa bensin, maka habiskan anggaran untuk hotel yang nyaman dan lengkap," imbuhnya.

Aspek lain yang menjadi pertimbangan adalah lokasi yang tak jauh dari pusat kota dan pemandangan alam yang spektakuler. (tim redaksi)

#staycation
#persiapanliburan
#liburansingkat
#menyenangkan
#aturkeuangan
#pemilihanhotel
#liburanhemat

Tidak ada komentar