Breaking News

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Ditembak

Shinzo Abe. Foto : dok east asia forum

WELFARE.id-Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dilaporkan ditembak saat memberikan pidato di Nara pada Jumat (8/7/2022) pagi waktu setempat. 

Akibat tembakan tersebut, Abe disebut tidak sadarkan diri. Laporan awal menyebutkan, terdengar suara tembakan sebelum Abe tumbang ke tanah. Abe berada di Nara untuk menyampaikan pidato kampanye menjelang pemilihan majelis tinggi pada Minggu (10/7/2022). 

Penyiar publik Jepang NHK melaporkan, darah tampak keluar dari dada Abe. NHK menambahkan, seorang pria telah ditahan tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Reporter tersebut mengatakan, dirinya mendengar dua tembakan berturut-turut saat Abe berpidato. 

Senjata yang digunakan untuk menembak Shinzo Abe adalah senjata rakitan buatan tangan dan polisi sekarang sedang menyelidikinya,” ungkap laporan badan penyiar Jepang NHK. 

Senjata itu tampaknya menggunakan bahan, seperti solatip hitam. Polisi dilaporkan telah menyita senjata tersebut. Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno mengatakan Partai Demokrat Liberal sedang mempersiapkan tanggapan atas penembakan Shinzo Abe. 

Reuters melaporkan, Abe saat ini dilarikan ke rumah sakit. Kondisinya saat ini tidak sadarkan diri dan mengalami pendarahan. 

Kyodo News mewartawakan, Abe tidak sadarkan diri dan tampaknya mengalami serangan jantung. 

Sementara itu, seorang sumber dari Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa, mengatakan kepada kantor berita Jiji, Abe, pingsan dan mengalami pendarahan di leher. Walau begitu, baik LDP maupun polisi setempat tidak dapat segera mengkonfirmasi kesaksian tersebut. 

Koresnponden CNA Jepang, Michiyo Ishida mengungkap terdengar tiga tembakan dilepaskan di acara tersebut setelah Abe memegangi dadanya dan pingsan. Ia juga mengungkap saksi mata melaporkan melihat genangan darah. 

Abe merupakan mantan perdana menteri dengan masa jabatan terlama sampai dia mengundurkan diri pada 2020. (tim redaksi) 

#shinzoabe
#mantanperdanamenterijepang
#jepang
#nara
#shinzoabeditembak
#penembakandijepang

Tidak ada komentar