Breaking News

Lumat Man City 3-1, Liverpool Sabet Gelar Community Shiel ke-16 Kali

Punggawa Liverpool (instagram @liverpoolfc) 

WELFARE.id-Liverpool berhasil menyabet gelar Community Shield setelah menaklukkan Manchester City 3-1 di Stadion King Power, Leicester, Sabtu (30/7/2022). Ini merupakan gelar ke16 mereka. 

Gol-gol dari Trent Alexander-Arnold (21'), Mohamed Salah (83'p) dan Darwin Nunez (90+5') menghadirkan kemenangan untuk The Reds. Sementara, satu-satunya gol Man City dicetak oleh sang bomber anyar, Julian Alvarez (70'). 

Liverpool memimpin lebih dahulu melalui gol Trent Alexander-Arnold pada menit ke-21. Manchester City menyamakan kedudukan melalui Julian Alvarez. Namun Mohamed Salah serta pemain anyar Darwin Nunez membuat The Reds mengangkat trofi. 

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, mengusung formasi andalannya 4-3-3 dalam pertandingan Community Shield yang mempertemukan juara Piala FA melawan kampiun Premier League ini. Sementara manajer Manchester City, Pep Guardiola, juga menurunkan formasi 4-3-3. 

Namun Klopp tidak langsung menampilkan striker barunya, Darwin Nunez, dalam partai Community Shield ini. Di lini depan pelatih asal jerman itu menampilkan Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Luis Diaz. 

Sedangkan di lini tengah pemain yang menjadi andalan pada Community Shield adalah trio Jordan Henderson, Fabinho, dan Thiago Alcantara. Duet Joel Matip dan Virgil Van Dijk menjadi duet di jantung pertahanan. 

Di kubu Manchester City, pemain anyar Erling Haaland langsung menjadi andalan untuk menggedor pertahanan Liverpool bersama Jack Grealish dan Riyad Mahrez. Mereka ditopang barisan pemain tengah yang terdiri atas Bernardo Silva, Rodri, dan Kevin De Bruyne. 

Kedua tim saling menyerang sejak pertandingan dimulai. Liverpool memang mendominasi penguasan bola pada awal babak pertama. Namun seiring berjalannya waktu, Manchester City juga bisa mengimbangi permainan Liverpol dan sempat menciptakan peluang namun tak menghasilkan gol. 

Tercatat, The Reds mampu membuat 15 upaya ke arah gawang dan empat di antaranya tepat sasaran. Di sisi lain, The Citizens membukukan 14 attempts, delapan upaya on target, tetapi kalah efektif soal jumlah gol. 

Liverpool berhasil memimpin lebih dulu melalui aksi Trent Alexander-Arnold pada menit ke-21. Gol berawal dari aksi Mohamed Salah yang dengan cermat mengirim umpan silang. 

Sodoran penyerang asal Mesir ini kemudian dimanfaatkan Alexander-Arnold dengan tendangan kaki kanan. Bola hasil tendangannya berubah arah setelah mengenai pemain lawan dan mengecoh kiper Ederson. Liverpool pun unggul 1-0. 

Striker anyar Manchester City, Haaland, juga sempat memiliki peluang pada menit ke-34. Namun upayanya tak membuahkan hasil karena berhasil digagalkan kiper Adrian. 

Satu menit menjelang babak pertama usai, Jack Grealish sebenarnya menghasilkan peluang bagus dengan meluncurkan umpan ke kotak penalti. Namun sodorannya tak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh pemain Manchester City. Hingga babak pertama usai, Liverpool tetap memimpin 1-0. 

Setelah jeda usai, kedua pelatih tidak melakukan pergantian pemain. Manchester City membuat peluang saat babak kedua baru dimulai. Sebuah serbuan yang dilakukan Manchester City membuat gawang Liverpool berada dalam bahaya. 

Bek Andy Robertson memang berhasil mengamankan gawang timnya dari tekanan namun dia membuat Manchester City mendapat sepak pojok. Sayangnya, gagal memanfaatkan sepak pojok yang dieksekusi De Bryune untuk menghasilkan gol. 

Pada saat bersamaan yakni menit ke-58 kedua manajer melakukan pergantian pemain. Di kubu Liverpool Darwin Nunez masuk menggantikan Roberto Firmino. Sementara Pep Guardiola menarik dua pemain sekaligus yakni Jack Grealish yang dibantikan Phil Foden serta Riyad Mahrez digantikan Julián Alvarez. 

Menit ke-64, Liverpool nyaris menambah keunggulan ketika Darwin Nunez berhadapan satu lawan satu dengan kiper Ederson setelah mendapat sodoran dari Henderson. Namun pemain asal Uruguay itu gagal mencetak gol akibat penyelamatan gemilang Ederson. 

Manchester City berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 melalui gol yang dicetak dicetak Julian Alvarez pada menit ke-71. 

Pada menit ke-80, Darwin Nunez melepaskan tendangan memanfaatka umpan silang Salah. Namun upayanya diblok bek Ruben Diaz. Wasit sempat meminta bantuan VAR karena melihat Ruben Diaz melakukan handball saat menahan bola tendangan Nunez. 

Setelah tinjaun VAR, wasit akhirnya memberikan penalti untuk Liverpool. Mohamed Salah kemudian maju sebagai algojo penalti. Mantan pemain AS Roma dan Chelsea ini mampu mengecoh Ederson dan menghasilkan gol yang membawa Liverpool memimpin 2-1. 

Manchester semakin sulit mengejar setelah Darwin Nunez mencetak gol perdananya untuk Liverpool di pertandingan kompetitif saat injury time atau tepatnya menit ke-94. Gol berawal dari umpan silang Salah yang disambut tandukan Robertson. Bola kemudian mengerah ke Nunez dan kembali disambut sundulan dan menjebol gawang Ederson. 

Keberhasilan menaklukkan Manchester City membuat Liverpool menyabet gelar Community Shield untuk ke-16 kalinya. Terakhir kali mereka merebutnya pada 2006 silam. Sementara Manchester City gagal menambah gelar Community Shield mereka menjadi tujuh. Trofi Community Shield keenam direbut MAn City pada 2019. 

Susunan Pemain Community Shield 2022 Liverpool vs Manchester City: 

Liverpool (4-3-3): 13 Adrián; 66 Trent Alexander-Arnold (7 James Milner 74), 2 Joel Matip, 4 Virgil van Dijk, 26 Andrew Robertson; 14 Jordan Henderson (19 Harvey Elliott 73), 3 Fabinho, 6 Thiago, 11 Mohamed Salah (17 Curtis Jones 90+5) 9 Roberto Firmino (27 Darwin Nunez 58), 23 Luis Díaz (28 Fabio Carvalho 90). 

Manchester City (4-3-3): 31 Ederson; 2 Kyle Walker, 3 Ruben Dias, 6 Nathan Ake, 7 Joao Cancelo; 17 Kevin De Bruyne (8 Ilkay Gundogan 73), 16 Rodri, 20 Bernardo Silva, 26 Riyad Mahrez (19 Julian Alvarez 58), 9 Erling Haaland, 10 Jack Grealish (47 Phil Foden 58). (tim redaksi) 

#sepakbola
#communityshield
#ligainggris
#liverpool
#thereds
#manchestercity

Tidak ada komentar